8 Alat Kopi Rumahan Untuk Pemula!

Sekarang ini, meminum kopi sudah menjadi salah satu kebiasaan orang-orang. Baik meminum kopi buatan sendiri di rumah ataupun datang ke coffee shop favorit. Namun karena seringnya orang meminum kopi, banyak dari mereka yang juga ingin bisa menyeduh kopi sendiri di rumah. Untuk memenuhi keinginan tersebut, tentunya dibutuhkan alat kopi rumahan yang cocok untuk pemula.

Sebenarnya banyak sekali alat penyeduh kopi rumahan yang dijual. Namun karena banyaknya pilihan, mungkin akan lebih membingungkan, karena ditakutkan alat tersebut tidak ramah pada pengguna pemula. Untuk itulah, rekomendasi berikut ini kami berikan, agar memudahkan kamu dalam menentukan pilihan.

 

Masih pemula dalam hal membuat kopi? Tenang,  dengan 8 alat kopi rumahan berikut ini semuanya jadi mudah!

  • Hario V60 Plastic Coffee Dripper 01 White VD-01W

Pilihan Kami
Hario V60 Plastic Coffee Dripper 01 White VD-01W
  • Coffee Driper
  • Top Opening diameter 95
  • Material : High Quality Heat Resistant Plastic
  • Ukuran : 1 - 2 Cup

Bagi kamu yang lebih suka meminum kopi tanpa ampas, maka kamu harus punya alat kopi rumahan satu ini. Hario V60 Plastic Coffee Dripper ini berbentuk seperti cangkir mengerucut ke bawah, layaknya huruf V. Alat penyeduh kopi ini biasanya digunakan dengan metode pour over.

Sebelum menyeduh kopi favoritmu, dripper ini harus terlebih dulu dipasangkan kertas penyaring yang memiliki ukuran yang sama, yaitu 01. Kamu bisa menggunakan paper filter dari merk yang sama yaitu Hario V60 Paper Filter.

Setelah kertas penyaring terpasang, kemudian masukkan bubuk kopi, dan tuang air panas ke dalamnya. Disarankan untuk menggunakan teko leher angsa untuk menuang air, demi mendapatkan hasil yang terbaik.

Kopi yang dihasilkan akan lebih clean dan memiliki sedikit minyak, sehingga kopi terasa lebih ringan ketika diminum.

  • Kalita Hand Drip 101-D Plastic Dripper

Bagus Juga
Kalita 101 D Coffee Dripper
  • Material : AS Resin
  • Ukuran (PxLxT) cm : 11.6 x 10 x 7.5
  • Berat : 70 gram
  • Warna : Transparan

Sama seperti sebelumnya, Kalita Hand Drip ini juga digunakan untuk menyeduh kopi dengan metode pour over.

Dripper satu ini memiliki bentuk yang juga seperti cangkir, namun dengan dasar yang flat, dengan tiga titik lubang di bawahnya. Dengan dripper, kamu akan menghasilkan ekstraksi kopi lebih banyak dan juga lebih mudah. Selain itu, seduhan kopi menggunakan Kalita, akan lebih bold, dan rasa kopinya lebih menonjol.

Sama seperti sebelumnya, dripper ini harus menggunakan filter. Kamu bisa menggunakan Kalita 101 Coffee Filter. Pastikan kalau ukuran kerta filter yang kamu beli sudah sesuai dengan dripper milikmu ya. Karena membeli filter yang salah malah akan membuatnya terbuang sia-sia.

  • Rivers Micro Coffee Dripper

Boleh Juga
Rivers Micro Coffee Dripper
  • Bahan: Polypropylene [PP], Nylon (Filter) / Silicon (Holder)
  • Food Grade Quality
  • Ukuran: 85mm*85mm*46mm
  • Ketahan Suhu: -40C to 100C

Kalau sebelumnya dripper untuk metode pour over menggunakan penyaring yang terbuat dari kertas, namun dripper satu ini memiliki penyaring dari metal. Kelebihan yang didapat adalah kamu bisa menggunakan penyaring ini berkali-kali, tanpa perlu mengganti dan membeli penyaring baru seperti pada penyaring kertas.

Walaupun begitu, hasil seduhnya memang tidak se-clean hasil seduhan dripper dengan filter kertas. Namun hasilnya tetap masih memiliki karakteristik seduhan khas V60.

Dripper satu ini terbuat dari bahan karet silikon yang lentur, dan bagian penyaringnya terbuat dari metal. Karena lentur, maka alat kopi rumahan ini bisa dilipat. Ukurannya juga termasuk kecil, sehingga dapat dimasukkan ke grinder, dan tentunya sangat travel friendly.

  • Yami Drip Kettle 360cc YM60101BK

Ini Juga Oke
Yami Drip Kettle 360cc YM60101BK
  • Material : Teflon coated
  • Kapasitas : 360 cc

Nah, untuk menyeduh kopi dengan metode pour over, kamu tentu membutuhkan alat untuk menuangkan air panas yang sesuai, karena konsistensi aliran air sangat lah penting pada metode ini. Yang perlu kamu gunakan adalah teko leher angsa yang memiliki mulut yang kecil, karena akan sangat membantu aliran air yang dituangkan pada bubuk kopi lebih konsisten. Dengan waktu dan aliran air yang sesuai, kopi akan terekstraksi dengan baik dan menghasilkan rasa serta aroma yang maksimal.

Kapasitas teko ini adalah 360 ml, dengan berbahan teflon anti panas, yang mempermudah kamu ketika menggenggam gagangnya, karena tidak akan panas meski di dalamnya terdapat air mendidih.

  • Hario Mizudashi Cold Brew Coffee Pot Brown MCPN-7CBR

Bagus Juga
Hario Mizudashi Cold Brew Coffee Pot Brown MCPN-7CBR
  • Material : Glass
  • Berat : 345 gram
  • Ukuran (PxLxT) cm : 13.8 x 9.4 x 20.8
  • Kapasitas : 600ml

Selain disajikan hangat, kopi juga memiliki varian lain, yaitu cold brew. Umumnya coffee shop menjual kopi cold brew di dalam kemasan, dengan rasa yang unik dan tentunya segar.

Pada metode cold brew, bubuk kopi sudah sejak awal diseduh dengan air yang dingin atau air yang memiliki suhu ruangan, kemudian didiamkan selama 8 sampai 12 jam. Ekstraksi kopi yang tidak menggunakan air panas ini, akan membuat hasil seduhan menjadi lebih manis, namun tanpa aroma terbakar.

Jika kamu mencari alat kopi rumahan yang cocok untuk metode cold brew, kamu bisa mencoba Hario Mizudashi satu ini. Bahannya terbuat dari kaca ringan, yang tahan panas dan juga dingin. Di dalamnya terdapat saringan yang memiliki kerapatan yang baik. Pada bagian bawah saringan, terdapat bagian yang bisa dibuka untuk membuang ampas kopi.

Jika kamu ingin menggunakan alat seduh satu ini, kamu cukup memasukkan 60 gram bubuk kopi di dalam saringan, lalu isi penuh air dingin ke dalam teko. Kemudian simpan teko dalam kulkas selama 8 hingga 12 jam. Kalau sudah selesai, kamu bisa mengangkat saringan, dan membuang ampas kopi. Lalu nikmati kopi dinginmu sambil bersantai.

  • Hario Mini Mill Slim Hand Coffee Grinder MSS-1B

Ini Bagus Juga
Hario Mini Slim Grinder
  • Material : Glass dan plastik
  • Kapasitas: 35 gram kopi

Kalau kamu suka menyimpan biji kopi, maka untuk menyeduhnya, kamu harus terlebih dulu menggiling biji kopi tersebut agar menjadi bubuk kopi. Alat yang kamu perlukan adalah grinder.

Jenis grinder sendiri ada yang manual ataupun elektrik, namun bagi kamu yang pemula, ada baiknya untuk memakai grinder yang manual saja. Hal ini dikarenakan pengoperasian grinder manual cenderung lebih mudah, selain itu ketika dibersihkan juga tidak sulit.

Hario Mini Mill Grinder ini memiliki fisik yang transparan, sehingga kamu akan dengan mudah melihat hasil gilingan di dalamnya. Grinder ini memiliki tutup yang akan mencegah tumpah. Ukurannya memang mini, namun kamu dapat membuat 2 sampai 3 cangkir kopi dari hasil gilingan berkapasitas 35 gram ini.

Mesin penggiling pada grinder kopi ini adalah jenis burr grinder yang terbuat dari  keramik, sehingga tidak mudah tumpul ataupun berkarat. Untuk hasil yang didapat dari grinder ini sangat pas untuk menyeduh kopi menggunakan metode filter.

  • Bialetti Moka Express 1 Cup

Pilihan Lain
Bialetti Moka Express 1 Cup
  • Kapasitas : 1 cup
  • Dimensi (P x L x T) : 11 x 6.8 x 14.5 cm
  • Material : Food grade aluminium alloy

Ingin membuat seduhan kopimu hampir mendekati espresso? Kamu bisa mencoba Bialetti Moka Express ini untuk membuat seduhan kopi yang hasilnya mirip dengan espresso. Setelah menyeduh kopimu, kamu bisa memadukannya dengan susu dan juga foam, yang akan membuat kopimu layaknya cappuccino atau cafe latte favorit yang ada di coffee shop ternama.

Untuk ukuran, Bialetti Moka Express ini berukuran 11,5 x 7,2 x 14 cm, dengan berat 241 gram, sehingga merupakan alat seduh yang travel friendly.

  • Aerobie Aeropress Coffee Maker

Alternatif
Aerobie Aeropress Coffee Maker
  • Material : BPA Free
  • Ukuran : 6,5 cm (D. Bawah), 8,4 cm (D. Atas), 13,1 cm (Tinggi)
  • Berat : 390 gram
  • Kapasitas: 1-4 Cup Coffee (espresso)

Untuk alat kopi rumahan yang terakhir ini adalah alat yang menggunakan metode seduh manual, dengan basis pressing atau tekanan. Pada coffee maker ini terdapat 3 bagian utama, yaitu chamber, plunger, dan juga cap.

Aerobie Aeropress ini akan menyaring bubuk kopi menggunakan kertas microfilter, yang akan membuat hasil kopi menjadi lebih clean dan bebas dari ampas. Sebenarnya hasil seduhan dari alat ini akan berbeda-beda tergantung pada teknik dan juga strategi dalam penyeduhannya.

Bukan hanya mudah digunakan, namun kamu juga akan dipermudah ketika mencuci dan menyimpan alat ini. Ketika kamu sudah selesai menyeduh kopi, kamu tinggal membuang ampas kopi dan juga paper filter, lalu bilas Aeropress ini menggunakan air saja.

Dengan desain bodi yang terbuat dari plastik BPA, kamu jadi tidak akan khawatir alat ini akan mudah pecah. Selain itu, bentuknya berupa tabung dengan ukuran tidak terlalu besar, sehingga bisa kamu masukkan dalam ransel ataupun koper yang kamu bawa ketika akan bepergian.

Sebagai pecinta kopi, memiliki alat kopi rumahan di atas mungkin menjadi kesenangan tersendiri. Terlebih lagi kamu bisa setiap hari menyeduh kopi favoritmu sendiri di rumah. Selain lebih hemat karena tidak perlu keluar uang banyak untuk nongkrong di coffee shop, kamu juga jadi bisa bereksperimen dengan seduhan kopi yang kamu buat.

Penasaran ingin mencoba alat kopi rumahan di atas?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *