6 Pilihan Baby Monitor Terbaik Menurut Review Pengguna

Bayi kita perlu perhatian terus-menerus, namun tentu saja kita tidak bisa berada di kamarnya setiap jam setiap hari. Itulah mengapa banyak orang tua mempertimbangkan untuk menggunakan monitor bayi. Artikel ini akan memaparkan beberapa review monitor bayi untuk membantu mama dan papa menentukan the best baby monitor untuk membantu mengawasi si buah hati.

Pertanyaan utamanya adalah, mengapa kita perlu baby monitor? Mama dan papa bisa bebas melakukan kegiatan lain di rumah, seperti memasak, beberes, bekerja atau membaca buku sementara bayi tetap terawasi di dalam kamarnya. Tak hanya itu, ketika bayi sedang diasuh oleh nanny, mama dan papa bisa lebih tenang karena bisa mengawasi mereka dari ruangan berbeda.

Awalnya, monitor bayi berawal dari perangkat audio pengawas bayi di masa lalu, yang telah memungkinkan para orang tua memantau bayi dari ruangan lain. Dan kini, perangkat tersebut telah dilengkapi dengan kamera video dan berbagai fitur sehingga kita selalu dapat mengawasi si kecil. 

Dengan perkembangan teknologi saat ini, sebagian besar monitor bayi sekarang dilengkapi dengan beberapa fitur yang cukup bagus. Walaupun baby monitor memang tidak akan menemukan dot yang hilang di tengah malam atau membersihkan kasur yang kena ompol, tetapi monitor bayi terbaik saat ini sangat membantu orang tua dalam mengawasi dan memenuhi kebutuhan bayi mereka.

Lalu merek baby monitor mana yang pantas untuk dipertimbangkan? Kami menelusuri banyak baby monitor review yang ditulis oleh para orang tua yang sudah menggunakannya. Berikut ini adalah the best baby monitor berdasarkan review untuk membantu mama dan papa memilih.

 

Pilihan Baby Monitor Terbaik Menurut Review

  • Baby Monitor Xiaomi Mijia 360 Degrees 1080P

Pilihan Kami
Xiaomi Mijia 360 Degrees 1080P
  • Product dimensions: 78 x 78 x 118mm
  • Net weight: 239g
  • Lens angle: 110°
  • Resolution: 1080P
  • Focal length: 3,9mm

Saat ini memang ada banyak pilihan monitor bayi yang murah, tetapi baby monitor Xiaomi yang satu ini patut dipertimbangkan, karena banyaknya fitur yang ditawarkan. Produk ini juga merupakan night vision baby monitor yang banyak direkomendasikan para orang tua.

Baby Monitor Xiaomi Mijia 360 Degrees 1080P versi Pan-tilt membuat kita bisa nyaman tidur atau beraktivitas sambil terus mengawasi bayi. Baby monitor ini memiliki 10 buah lampu LED 940nm IR-cut yang mampu menangkap gambar night vision hingga jarak 9 meter tanpa mengganggu bayi. 

Tak hanya itu, desain kameranya membuat baby monitor Xiaomi ini mampu memantau ruangan ke segala arah dan menangkap gambar secara lebih luas. Kamera bayi ini juga punya slot TF card yang tersembunyi, sehingga mampu menyimpan rekaman video yang dihasilkan baby monitor.

Selain night vision, kamera bayi Xiaomi ini mampu menangkap gerakan dan memiliki remote control. Segala pergerakan akan tertangkap baby monitor, sehingga kita bisa melakukan pengawasan penuh. 

Menurut review, baby monitor Xiaomi ini sangat bagus dalam merekam, hasil gambar jelas, dan responsif terhadap gerakan dan tangisan bayi. Jika ada gerakan, kamera akan merekam selama 10 detik dan mengirimkan pemberitahuan ke ponsel kita tentang aktivitas tersebut. 

Baby monitor Xiaomi ini cukup sensitif sehingga dapat menangkap gerakan di mana saja di bidang pandang kamera, dan bekerja tanpa gangguan. Kita bisa mengatur fitur tersebut agar berfungsi pada siang atau malam hari, atau bahkan pada jadwal khusus misalnya pada saat mama dan papa sedang sholat atau bekerja rutin.

Menurut review, Satu fitur khusus yang disukai pengguna adalah mode night vision. Baby monitor Xiaomi ini memiliki 10 LED IR yang memungkinkannya mendeteksi gerakan hingga 9 meter, bahkan di malam hari. Aplikasi Mi Home juga menawarkan fitur panggilan yang pada dasarnya berfungsi sebagai interkom. Kita bisa terhubung dengan kamera, dan kamera akan menyiarkan suara kita melalui speaker internal.

Kekurangannya adalah instruksi yang menyertai produknya hanya dalam bahasa Mandarin. Namun ada Mi Home Security Camera 360, yakni kamera bayi yang khusus untuk pasar luar China yang sudah menyertakan instruksi dalam bahasa Inggris.

  • Baby Monitor Motorola MBP36S

Ini Juga Oke
Motorola MBP36S
  • Features 3.5 inch colour TFT LCD display with 320 x 240 resolution
  • Comes with 300 degrees viewing angle
  • Infrared night vision technology
  • Portable parent unit
  • The 3.5-inch LCD

Baby Monitor Motorola MBP36S adalah pilihan yang baik untuk keluarga dengan lebih dari satu anak. Monitor bayi ini memiliki dua kamera, tetapi mendukung hingga empat kamera pada saat yang sama jika diperlukan.

Menurut review, baby monitor Motorola ini bagus di sisi audio. Kita dapat mengatur volume dan kecerahan layar dengan mudah. Mikrofon di kamera mampu mengambil suara yang paling tenang sekalipun, seperti bayi yang berguling, sehingga kita tidak akan melewatkan gerakan dan suara sekecil apapun. Kita juga bisa sepenuhnya mematikan video pada tampilan saat kita tidur.

Baby monitor Motorola Motorola MBP36S memiliki layar 3,5 inchi yang memungkinkan kita melihat semua kamera secara bersamaan dalam mode split-display. Suara hanya akan terdengar dari satu kamera saja dalam satu waktu, dan kita bisa dengan mudah mengubah kamera untuk audio dan ada opsi auto-switch, di mana kamera dan suara beralih dari kamar ke kamar setiap 30 detik. 

Sinyal pada Motorola MBP36S tergolong sangat baik. Monitor bayi Motorola ini menggunakan sinyal FHSS 2,4 GHz nirkabel, yang cukup kuat untuk penggunaan rumahan. Kita bisa duduk di taman atau teras ketika anak-anak tidur dan masih bisa melihat umpan video dari kamar mereka. Koneksi baby monitor ini akan tetap baik dalam jarak 180 meter, bahkan jika kamar anak ada di lantai atas dan kita di lantai bawah.

Meskipun sinyal dan suaranya bagus, kekurangannya ada pada kualitas video. Tampilan video terkadang buram dan kurang jelas.

  • Baby Monitor Little Giant LG 5023-TE Screen Video

Bagus Juga
Little Giant LG 5023-TE Screen Video
  • Jangkauan video 100 m dan audio 300 m di ruangan terbuka
  • 2 Inch warna TFT digital screen
  • Night Vision otomatis

Little Giant LG.5023-TE Screen Video Baby Monitor adalah kamera bayi yang bisa diandalkan dalam memantau aktivitas anak. Jangkauan videonya mencapai 100 meter, dan dan audionya 300 meter termasuk di ruangan terbuka.

Little Giant ini merupakan night vision baby monitor dengan layar TFT digital screen sebesar 2 inchi, yang cukup nyaman untuk memantau. Layar baby monitor ini juga bisa dihubungkan langsung ke layar televisi, jika ukurannya dirasa kurang besar. 

Menurut hasil penelitian di Eropa, baby monitor Little Giant LG 5023-TE ini memiliki tingkat radiasi kedua terendah dibandingkan baby monitor lain. Karenanya, banyak orang tua memilih baby monitor ini untuk alasan keamanan. Namun jangan khawatir, produk-produk baby monitor lain yang beredar di pasaran pun sudah teruji keamanannya untuk si kecil.

  • Baby Monitor Philips Avent DECT SCD501 /10

Boleh Juga
Philips Avent DECT SCD501 /10
  • DECT technology guarantees zero interference, clear souund, with range up to 900 feet
  • Parent unit is outlet or battery powered
  • 5 sound activated LED lights
  • Comfort night light
  • DECT technology guarantees zero interference
  • Range up to 330 meters

Baby Monitor Philips Avent DECT SCD501 /10 menjadi favorit banyak orang tua karena kejernihan suara sangat baik dan super mudah digunakan. Produk ini memiliki sinyal yang cukup baik dan daya tahan baterai yang lebih lama dari yang dibutuhkan kebanyakan orang tua. 

Rentang jarak baby monitor Philips Avent Dect SCD501 /10 adalah 300 meter, namun dalam penggunaan riilnya, jaraknya hanya mencapai 300 meter dan pada jarak tersebut sinyalnya sering hilang, terlebih kalau baby unit dan parent unit tidak saling berhadapan. Namun jika kamar anak dan kamar orang tua (atau ruangan lain yang digunakan untuk memantau) tidak berbeda lantai, sinyalnya masih tetap bisa menjangkau hingga lima dinding rumah.

Menurut review, baby monitor Philips Avent DECT SCD501/10 ini memiliki fitur favorit kami yakni aktivasi suara. Para orang tua menyukai fitur ini karena membuat parent unit otomatis berubah menjadi mode silent ketika bayi sedang diam. Fitur ini akan membantu orang tua tidur lebih nyenyak pada malam hari, dan fokus bekerja pada siang hari. Sayangnya, tidak ada fitur komunikasi dua arah yang memungkinkan kita menenangkan bayi dari ruangan lain.

Dari sisi harga, baby monitor Philips Avent DECT cukup masuk akal jika dibandingkan dengan kualitasnya. Kamera bayi ini hadir dengan volume maksimum 101 desibel. Pada volume ini, suaranya renyah, jernih dan sangat jelas. Pada 85 db, suaranya jernih tanpa distorsi dan mudah didengar. 

Jadi baby monitor Philips Avent ini sangat cocok untuk orang tua yang ingin selalu bereaksi cepat dengan tangisan bayi. Kekurangannya ada pada penyaringan suara. Beberapa review baby monitor Philips Avent ini menyebutkan bahwa mereka mendengar kipas di kamar bayi melalui kamera bayi ini.

  • Little Giant LG 5056 2 Way Baby Monitor

Ini Juga Oke
Little Giant LG 5056 2 Way
  • Beroperasi di 863-870 MHz dengan nol gangguan
  • Jangkauan operasi 1000m di ruang terbuka
  • Daya radiasi rendah
  • Indikasi suhu kamar bayi
  • Sensitivitas mikrofon

Alat monitor bayi Little Giant LG 5056 2 Way ini sangat populer di kalangan orang tua di Indonesia, dengan banyaknya toko online dan marketplace yang menjualnya. Walaupun alat pemantau bayi ini tidak banyak ditemukan dalam review baby monitor Indonesia, namun alat ini sangat membantu papa dan mama mengawasi bayi mereka yang tidur atau bermain di kamar yang berbeda.

Mama dan papa bisa memasak, bekerja, menyetrika atau melakukan banyak hal lain sambil memantau bayi yang sedang tidur. Alat ini memiliki fungsi komunikasi dua arah yang memungkinkan orang tua berbicara untuk menenangkan bayi yang menangis, atau memberi instruksi kepada pengasuh ketika tidak berada dalam satu ruangan.

Mama dan papa juga bisa menambahkan beberapa baby unit untuk memantau lebih dari satu anak. Selain itu, alat monitor bayi ini merupakan night vision baby monitor dengan mode yang bisa dikontrol dari parent unit.

Little Giant LG 5056 2 Way Baby Monitor juga dapat diandalkan untuk mengawasi bayi yang tidur atau bermain di kamar di lantai yang berbeda. Karena itulah, produk ini ideal bagi kita yang tinggal di rumah dua lantai dengan kamar anak dan kamar orang tua berada di lantai berbeda. Di ruang terbuka, jangkauan operasinya mencapai 1.000 meter.

  • iBaby Monitor M6S Wi-Fi Smart Digital Baby Monitor

Pilihan Lainnya
M6S Wi-Fi Smart Digital Baby Monitor
  • 1080p HD Video Quality
  • night vision with Near-invisible infrared LEDs
  • Smart Nursery Features Play thousands of lullabies

Beberapa orang tua merekomendasikan baby monitor iBaby Monitor M6S Wi-Fi Smart Digital karena desainnya yang lucu dan kemudahan penggunaannya. Menyerupai robot kecil, iBaby menawarkan tampilan 360 derajat dan kemiringan 110 derajat, video 1080p dengan penglihatan malam (night vision baby monitor), dan bahkan dilengkapi dengan lagu pengantar tidur. 

Fitur lain termasuk sensur suhu, kelembaban, dan kualitas udara, yang diakui beberapa orang tua membantu mereka mengkondisikan kamar bayi mereka. Tentu saja, semua video dan audio masuk langsung smartphone atau tablet mama dan papa, yang juga dapat mengontrol baby monitor dari jarak jauh. 

Tak hanya itu, iBaby Monitor M6S Wi-Fi Smart Digital menawarkan resolusi video Full HD yang akan menghasilkan gambar yang sangat jernih dan jelas. Audio yang ditawarkan juga bagus dan terdengar dengan baik. Menurut review, baby monitor ini juga menghasilkan gambar night vision yang cukup jelas. 

Sementara beberapa orang tua mungkin khawatir tentang potensi peretasan monitor Wi-Fi, survei menemukan bahwa risikonya cukup rendah dan biasanya terjadi pada model yang murah dan unbranded.

Sebelum membeli baby monitor, pertimbangkan besarnya rumah dan gaya hidup kita. Jika tinggal di apartemen, mungkin kita tak perlu baby monitor. Tapi jika kita tinggal di rumah yang luas, tingkat, dan letak kamar terpisah-pisah, membeli baby monitor bisa jadi keputusan bagus. Pertimbangkan apa yang akan memudahkan kita mengasuh anak, dan memenuhi keperluan anak.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *