6 Rekomendasi Cooler Bag ASI Cangklong dan Sling Terbaik Menurut Review

Para pejuang ASI pasti tahu, penyimpan dan membawa ASI perah bukan perkara mudah. Nggak bisa sembarangan atau asal-asalan. ASI yang dipompa dengan penuh kasih harus dilindungi dengan benar saat transit dan disimpan dalam cooler bag ASI. Berikut ini beberapa tips buat mama yang harus memerah dan menyimpan ASI sebelum membawanya pulang untuk diberikan kepada sang buah hati.

Jenis wadah apa yang harus digunakan dan dihindari

Tidak ada yang lebih buruk dari tas penyimpanan ASIP yang bocor. Cooler bag ASI terbaik terbuat dari bahan yang kokoh dan memiliki atasan ritsleting ganda sehingga Anda tidak akan kehilangan setetes pun. 

Untuk mengetes apakah cooler bag ASI mama aman, coba balikkan untuk memastikan segel tertutup sepenuhnya. Alternatif lain adalah botol kaca atau plastik dengan seal, seperti yang tersedia di toko atau online. Kencangkan tutupnya dan letakkan di cooler bag ASIP dengan cara yang memastikan wadah ASI perah tidak akan terguling atau lepas penutupnya.

Cara menyimpan ASIP di siang hari

Jika kulkas tidak tersedia, jangan putus asa. Gunakan tas pendingin berinsulasi dengan ice gel yang beku untuk menjaga ASI Anda tetap dingin. ASI dapat disimpan dengan cara ini hingga 24 jam (yang sangat berguna ketika mama lupa untuk memindahkan ASI ke lemari es setelah bekerja). 

Setelah mama memasukkan ASI ke dalam lemari es atau freezer, letakkan di belakang bagian utama tempat suhu tetap paling konsisten dan dingin. 

Cara membersihkan wadah penyimpanan ASI

Kantong penyimpanan ASI hanya untuk sekali pakai, jadi buang begitu mama sudah mengeluarkan susu. Kalau mama membawa dan menyimpan ASIP secara teratur, sediakan beberapa botol atau beberapa pak kantong ASIP. 

Keuntung botol penyimpanan ASIP adalah dapat dibersihkan bersamaan dengan bagian-bagian pompa ASI dalam air sabun, lalu bilas dengan baik dan sterilkan.

Cara menyimpan ASI di dalam freezer

Untuk pembekuan ASI, kami sarankan menggunakan kantong ASIP. Tidak hanya mereka dirancang untuk pembekuan, tetapi mereka menempati ruang jauh lebih sedikit daripada botol sehingga tidak makan tempat. 

Jika mama akan membekukan ASI, sisakan sekitar satu inci ruangan di dalam kantong ASIP karena cairan mengembang saat dibekukan, dan ingat bahwa plastik bisa menjadi rapuh setelah beku, jadi tangani dengan hati-hati. Saran ahli: Cobalah untuk mengeluarkan sebanyak mungkin udara dari kantong sebelum membekukan agar susu tidak mengalami freezer burn.

Cara membawa ASI perah dari kantor/tempat lain ke rumah

Katakanlah mama akan membutuhkan beberapa botol untuk bayi ketika mama bekerja atau keluar rumah selama beberapa jam. Berita baiknya: Tidak seperti susu sapi, ASI cukup kuat dan dapat ditinggalkan pada suhu ruangan hingga enam jam. Jadi semudah memasukkan botol ke dalam tas popok—tidak perlu bungkus es. 

Mama dapat menyimpan ASIP di suhu ruangan hingga batas empat jam jika mama ingin ekstra aman, tetapi beberapa sumber mengatakan sedikit lebih dari enam jam bahkan masih aman. Jika mama akan berada jauh dari lemari es lebih lama, bawa cooler bag dengan beberapa ice gel dan ASIP akan aman.

Berikut ini beberapa review cooler bag asi yang bagus, yang sudah dicoba oleh para mama pejuang ASI.

 

Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik Menurut Review

  • Gabag Pop Series Cooler Bag (Motif Ceri, Nuri, Gendis, Lavender

Pilhan Kami
Gabag Pop Series Cooler Bag
  • Hadir dengan ukuran lebih besar
  • Desain menarik
  • Dapat menjaga kesegaran penyimpanan ASI, MPASI, kosmetik, makanan, dan minuman
  • Dengan penyimpanan dingin atau panas yang maksimal

Cooler bag ASI Gabag Pop Series adalah salah satu tas ASIP yang sangat disukai para mama. Gabag Pop Series hadir dalam berbagai motif menawan seperti Motif Ceri, Nuri, Gendis, Lavender. 

Gabag Pop Series memiliki kelebihan yakni dilengkapi dengan banyak kantong. Cooler bag ASI ini memiliki dua kompartmen utama yang luas, dan keduanya bisa difungsikan sebagai cooler bag, atau kebutuhan lain seperti pompa ASI dan bagian-bagiannya. Bahkan, bagian atasnya ini bisa juga untuk menyimpan MPASI, diapers, charger hp, power bank dan sebagainya. Kompartemen bagian bawah bisa digunakan untuk menyimpan ASI perah selama di kantor atau perjalanan. 

Kelebihan lainnya adalah di bagian luar ada dua kantong tambahan di sisi kanan dan kiri. Kantong ini berguna untuk menampung benda-benda penting seperti botol susu, payung, botol minum dan sebagainya. Di bagian depan dan belakang masih ada kantong kecil untuk menyimpan benda kecil seperti kartu nama, kartu e-money, uang receh, dan benda lain yang harus sering diakses/digunakan.

Seperti semua cooler bag ASI Gabag lainnya, seri ini juga menjamin suhu ASI tetap dingin hingga 20 jam. Tak hanya itu, mama juga bisa menyimpan makanan agar tetap hangat di kompartemennya. 

Gabag Pop Series ini modelnya seperti tas cangklong yang bisa ditenteng atau dibawa di bahu. Kekurangannya adalah tidak adanya tali panjang, sehingga tidak bisa dibawa dengan cara dislempangkan ke badan.

Namun desain yang cute dan garansi tetap dingin selama 20 jam dan jaminan anti bocor membuat para mama jatuh cinta dengan tas ASI yang satu ini. Apalagi cooler bag ASI ini sudah dilengkapi dengan 2 ice gel Gabag yang terkenal itu.

  • Natural Moms Cooler Bag Tote

Bagus Juga
Natural Moms Cooler Bag Tote
  • Cocok digunakan sebagain cooler bag ASI, lunch bag , tas kosmetik
  • Dibuat dengan teknologi double insulated
  • Tahan dingin sampai dengan minimal 16 jam dan Panas minimal 4 jam
  • Terbuat dari material aman(eco friendly, non-toxic) dan tahan lama

Banyak mama yang suka dengan Natural Moms Cooler Bag Tote Houndstooth. Tas penyimpanan ASIP ini memiliki dua kompartemen utama di atas dan bawah, seperti halnya beberapa tipe cooler bag ASI Gabag.  Di bagian atas yang cukup luas, mama bisa menyimpan perangkat pompa ASI, powerbank, charger hape dan sebagainya. 

Di bagian bawah adalah kompartemen untuk menyimpan ASI perah dan ice gel, yang dinginnya tahan hingga 20 jam. Lalu bisa juga difungsikan sebagai thermal bag untuk menjaga makanan tetap hangat selama 4 jam.

Cooler bag ASI rekomendasi para mama ini memiliki kapasitas besar, desain yang stylish dan motif menawan. Natural Moms Cooler Bag Tote ini juga multifungsi, bisa juga berfungsi sebagai diaper bag jika sedang membawa anak jalan-jalan. Kompartemen atas bisa diisi diaper, baju ganti, mainan anak dan sebagainya. Bagian bawah untuk membawa stok ASIP.

Tak hanya itu, cooler bag ini juga harganya terjangkau, seperti halnya produk Gabag yang sejenis dengan Natural Moms Cooler Bag Tote. Kekurangannya adalah tidak adanya tali panjang untuk sling, namun banyak mama tak mempermasalahkan hal ini karena tali tote-nya cukup panjang dan nyaman.

  • Allegra Double Maxi Cooler Bag

Boleh Juga
Allegra Double Maxi Cooler Bag
  • Terbuat dari bahan berkualitas
  • Digunakan untuk membawa ASI perah
  • Dilengkapi dengan adjustable & detachable strap
  • Kapasitas total 2 x 8 botol ASI 150 ml

Menurut review, banyak mama yang menyukai cooler bag ASI Allegra Double Maxi untuk beberapa alasan. Pertama, karena bagian dalam cooler bag seluruhnya memiliki lapisan thermal yang menjaga ASIP tetap dingin atau makanan tetap hangat. Alasan lainnya adalah cooler bagi ini juga anti bocor.

Seorang mama pernah lupa menutup kantong ASIP hingga isinya tumpah, namun cairan susu sama sekali tidak merembes atau menetes keluar dari cooler bag. Tidak hanya bagian dalam Allegra Double Maxi yang anti bocor, bagian luar cooler bag ini juga memakai bahan waterproof.

Kelebihan lainnya adalah, Allegra Double Maxi sangat mudah dibersihkan karena bahan waterproof-nya. Bagian luar tinggal di-lap saja hingga bersih, begitu juga bagian dalamnya. 

Tak hanya itu, kapasitas cooler bag Allegra Double Maxi ini muat hingga 15 botol kaca pada kompartemen atas dan bawah. Pompa ASI yang besar pun masih muat jika mama hanya menggunakan bagian bawah untuk menyimpan ASI. Tak hanya pompa ASI, bagian masih muat diisi benda lain seperti kantong ASI, tisu basah, dan sebagainya.

Cooler bag ini memiliki tali sling, namun dengan ukurannya yang besar jika terisi penuh bisa jadi agak berat saat dibawa-bawa.

  • Gabag Cooler Bag Sling

Boleh Juga
Gabag Cooler Bag Sling
  • Didesain trendy
  • Kompartmen utama berdetail zipper opening, handle strap dan adjustable shoulder strap
  • Membantu Anda membawa ASI hingga 12 botol
  • Material : Alumunium foil anti bocor

Cooler bag ASI Gabag Sling ini juga banyak mendapatkan review positif dari para mama pejuang ASI, karena antara lain kinerjanya dalam mempertahankan suhu dan ukurannya yang praktis. Gabag Cooler Bag Sling tersedia dalam empat motif, yakni Rinjani, Pink Camo, People, dan Cactus.

Memang Gabag yang satu ini pantas dapat predikat cooler bag ASI mini karena ukurannya yang kecil, dengan dimensi dengan panjang 26 sentimeter, lebar 17 sentimeter, dan tinggi 22,5 sentimeter.

Walaupuk kecil, Gabang Cooler Bag Sling ini muat banyak. Mama masih bisa membawa pompa ASI ukuran kecil hingga sedang, ASI perah dalam kantong atau botol, dan dua ice gel gabag. Ketahanan dingin mencapai 20 jam, dengan ice gel beku.

Selain itu, Gabag Cooler Bag Sling memiliki tiga kantong tambahan di bagian luar. Kantong kecil di depan bisa untuk menyimpan plastik kantong ASI, dan bagian samping bisa untuk printilan seperti kartu e-money, uang receh, botol minum kecil dan sebagainya. Gabag model tas slempang ini juga bisa dijinjing.

  • BKA Zella Cooler Bag

Alternatif
BKA Zella Cooler Bag
  • Dapat menjaga suhu tetap dingin/hangat
  • Ideal digunakan untuk membawa/memindahkan ASI perah dan juga MPASI
  • Memiliki dua ruang utama yang dipisah sekat tebal sehingga bisa digunakan untuk membawa pompa ASI elektrik sekaligus dengan aman

BKA dikenal pertama kali karena produk botol kaca ASI (BKA) yang melegenda. Kini BKA hadir dengan cooler bag ASI yang banyak digemari, yakni BKA Zella. Cooler bag ASI ini memiliki dua kompartemen utama yang dipisah sekat tebal. Satu bagian bisa digunakan untuk menyimpan ASIP, sedangkan bagian lain bisa digunakan untuk menyimpan pompa ASI. 

Sekat pada BKA Zella bisa dilepas ketika mama membutuhkan ruang yang lebih luas untuk menyimpan hasil perahan ASI.

Selain itu, bagian dalam BKA Zella cooler bag dilengkapi dengan lapisan aluminium foil yang memaksimalkan fungsi tas agar tidak hanya bisa menjaga ASI perah tetap dingin, atau bisa dipakai menyimpan makanan agar tetap hangat. 

Kapasitas dingin BKA Zella bisa bertahan hingga 12 jam dengan ice gel. Sedangkan untuk suhu hangat bisa bertahan hingga 4 jam. Tas ini juga dilengkapi dengan tali selempang yang bisa ibu sesuaikan panjang pendeknya agar lebih nyaman digunakan. Ukurannya yang kecil membuat BKA Zella masuk kategori cooler bag ASI mini.

BKA Zella hadir dalam warna-warna elegan, buat mama yang nggak suka pakai tas bermotif, atau yang berdesain ‘bayi banget.’

  • JL Childress 6 Bottle Cooler Bag

Pilihan Lainnya
JL Childress 6 Bottle Cooler Bag
  • Dirancang khusus dengan insulation system
  • Dapat menampung 6 botol susu atau 3 botol & kotak sereal
  • Dilengkapi shoulder strap
  • Material : Anti bocor dan PVC

JL Childress 6 Bottle Cooler Bag adalah tas penyimpanan ASI perah dengan kapasitas sampai dengan 6 botol ini. Tas ini memiliki lapisan insulasi, dengan fitur anti bocor, PVC-Free, Lead-Free dan Phthalate Free. 

JL Childress memiliki dua kompartemen terpisah. Kompartemen bagian bawah mampu menampung hingga enam botol ASIP, atau lebih banyak lagi jika mama menggunakan kantong ASI. Interior dari bagian bawah ini dapat mudah ditarik dan diambil untuk dibersihkan, sehingga bisa mencegah bau dan kotor. 

Kompartemen bagian atas mampu menampung hingga tiga wadah makanan, peralatan makan, dan celemek. Atau mama bisa membawa pompa ASI di kompartemen ini. 

JL Childress ini merupakan cooler bag ASI mini dengan shoulder strap untuk memudahkan mama membawanya. Pembelian termasuk ice pack. Harganya pun cukup terjangkau.

Nah itulah beberapa cooler bag ASI bermodel selempang atau jinjing yang bagus menurut review. Semoga membantu mama memilih cooler bag ASI yang paling sesuai kebutuhan ya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *