6 Produk Kurma Terbaik Untuk Menyambut Ramadhan

Menjelang bulan Ramadhan, umumnya akan banyak produk buah kurma yang akan muncul di pasaran. Kurma yang terkenal dari Timur Tengah ini memang sering kali dijadikan pilihan menu berbuka puasa. Selain karena memang dianjurkan, kurma juga memiliki rasa manis alami, yang tentunya sangat pas untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Karena itulah, kamu harus mengetahui terlebih dulu jenis kurma terbaik.

Jenis kurma yang ada di dunia sebenarnya sangat lah banyak. Begitupun yang seringkali di jual di Indonesia. Selain itu, walaupun buahnya kecil, namun manfaatnya untuk kesehatan sangat lah besar. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk mengonsumsi kurma. Terlebih lagi asupan energi yang diberikan kurma, akan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat, sehingga tidak lemas.

Berikut ini adalah jenis buah kurma terbaik, yang bisa kamu pilih untuk menemani waktu berbuka puasamu nanti.

 

 

Jangan lupa menyiapkan kurma terbaik berikut ini untuk teman berbukamu!

  • Kurma Ajwa

Pilihan Kami
Kurma Ajwa
  • Kaya protein dan potasium
  • Bermanfaat bagi kesehatan
  • Bagus untuk ibu hamil dan anak-anak

Jenis kurma terbaik yang pertama ini pasti sudah tidak asing lagi didengar yaitu kurma ajwa. Kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW ini memang terbilang memiliki kualitas terbaik, dengan harga yang paling mahal di antara semua jenis kurma yang ada. Harga yang tinggi ini bukan lah tanpa alasan, tentu saja karena khasiat yang dimilikinya.

Tekstur kurma yang berwarna hitam gelap ini sangat lah lembut. Rasanya pun tidak terlalu manis. Namun nutrisi yang dikandungnya sangat baik untuk tubuh. Bahkan dikatakan jika kamu mengonsumsi 7 buah kurma ajwa di pagi hari, kamu akan terhindar dari racun ataupun sihir.

  • Kurma Sukari

Pilihan Lainnya
Kurma Sukari
  • Tekstur basah dan lembut
  • Rasa manis dan segar
  • Ideal dikonsumsi sehari-hari

Kurma terbaik selanjutnya merupakan kurma yang memiliki harga yang juga terbilang mahal. Kurma sukari ini adalah jenis kurma yang disukai oleh para raja di Arab Saudi. Tak heran kenapa kurma ini juga disebut sebagai kurma raja. Alasan lain penamaan tersebut adalah karena bentuk kurma ini yang besar. Rasanya terbilang manis dan memiliki tekstur garing di luar, dan lembut di dalam, yang bahkan mudah meleleh di mulut ketika kamu memakannya.

Sama seperti kurma lainnya, kurma sukari ini mengandung antioksidan yang tinggi, yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya. Selain itu, kurma ini juga kaya akan vitamin A dan berbagai mineral yang baik untuk tubuh. Bahkan dipercaya bisa mencegah kerusakan gigi, menurunkan kolesterol, dan menambah stamina tubuh.

  • Kurma Deglet Noor

Populer
Kurma Deglet Noor
  • Bentuk: Lonjong besar, daging buah agak kering dan tekstur sedikit renyah/garing
  • Rasa: Tidak terlalu manis dan legit

Kurma deglet noor berarti cahaya. Sama seperti penampilannya, dimana kulit buah kurma ini berwarna kuning keemasan seperti bercahaya. Rasanya manis dan legit. Teksturnya agak kering, sehingga tidak terasa bosan ketika mengonsumsinya.

Kurma yang sangat populer di Libya, Tunisia, Algeria, dan Amerika. Bahkan kurma ini di Tunisia merupakan varietas unggul yang menjadi jenis kurma utama yang diekspor. Namun kamu tidak perlu pergi ke Tunisia untuk mencobanya, di Indonesia pun kamu sudah bisa membeli kurma deglet noor ini.

  • Kurma Khalas

Boleh juga
Kurma Khalas
  • Rasa yang lembut dan manis
  • Berat : 1kg

Kurma terbaik berikutnya yang juga bisa kamu temukan di Indonesia adalah kurma khalas. Kurma ini biasanya dijual dalam kemasan dengan berbagai macam merk. Mulai dari kualitas standar hingga kualitas premium. Jenis kurma ini memang yang paling banyak dijual di pasaran dengan merk yang beragam.

Bentuknya oval, dan ukurannya agak kecil. Teksturnya lunak, dan ketika dikunyah terasa sangat lembut. Terlebih lagi, kulit luarnya sangat tipis dengan daging buah yang cukup tebal. Rasanya pun terbilang tidak terlalu manis, namun rasanya mirip karamel, sehingga bagi kamu yang tidak terlalu suka manis, kurma satu ini bisa menjadi pilihan.

  • Kurma Medjool

Alternatif
Kurma Medjool
  • Ukuran kurma besar dengan rasa manis
  • Mengandung fruktosa dan glukosa alami

Kalau sebelumnya sudah ada kurma raja, kalau kurma medjool ini sering disebut dengan nama ratunya kurma. Hal ini dikarenakan ukurannya terbilang cukup besar. Rasa manisnya juga cukup kuat, dengan tekstur buah yang sangat lembut. Walaupun begitu, rasa manisnya sangat aman untuk penderita diabetes.

Banyak orang yang menjadikan kurma medjool ini sebagai smoothies, yang tentunya menyehatkan dan lezat.

  • Kurma Mozafati

Alternatif Lainnya
Kurma Mozafati
  • Memiliki cita rasa manis, daging lembut, tebal, juicy, kaya akan vitamin dan manfaat
  • Baik bagi kesehatan
  • Menjaga elastisitas kulit
  • Mencegah penuaan dini hingga dapat menjaga berat badan

Kurma mozafati atau yang sering disebut kurma bam, sebagian besar tumbuh di Kerman, Iran. Masyarakat setempat umumnya mengonsumsi kurma ini saat masih segar. Namun bila disimpan di suhu minus lima derajat Celcius, kurma ini bisa tahan sampai dua tahun.

Warna buahnya gelap, dan ukurannya tidak terlalu kecil ataupun besar. Rasanya manis dengan daging buah yang lembut.

Itulah keenam kurma terbaik yang bisa dijadikan teman berbuka puasa nanti untukmu dan keluarga. Sudah pernah mencoba salah satunya?

Walaupun mungkin beberapa jenis kurma terbaik di atas terasa asing didengar, namun ternyata sudah banyak sekali yang menjualnya di Indonesia. Kamu bisa menemukan jenis kurma tersebut di toko yang menjual kurma ataupun online store di e-commerce kesayanganmu.

Untuk soal harga, kurma yang terbilang memiliki harga yang mahal tentunya memiliki khasiat yang lebih banyak. Jadi semua tergantung selera dan keinginanmu.

Selamat berbelanja menu berbuka puasa!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *