8 Merk Kantong ASI Terbaik Menurut Review Pejuang ASI

ASI mama adalah cairan luar biasa penuh nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. ASI akan melindungi si buah hati dari penyakit dan penyakit. Ketika mama memutuskan untuk menjadi pejuang ASImemompa dan menyimpan susu untuk si keciltentu mama ingin memilih merk kantong ASI terbaik yang akan melindunginya. 

Kantong penyimpanan ASI adalah salah satu pilihan, di samping botol ASI. Memilih botol ASI memang punya kelebihan, di antaranya bisa dibersihkan dan dipakai ulang. Namun botol ASI tentu lebih berat untuk dibawa-bawa, dan juga makan tempat di freezer. Karena itulah mama kini banyak memilih kantong ASI, yang steril dan ringan.

Apa Itu Kantong ASI?

Kantong ASI adalah kantong plastik yang dibuat khusus untuk menyimpan ASI perah. Kantong ASI dirancang untuk menahan proses pembekuan, penyimpanan, dan pencairan. Karena sudah disterilkan, kantong ASI mudah dan siap digunakan. 

Saat memilih merek kantong ASI terbaik, mama harus mencari kantong yang punya segel yang andal, dan konstruksi berkualitas untuk mencegah kebocoran. Untuk menempatkan ASIP di kantong ASI, mama harus memompa ASI Anda ke wadah terpisah dan kemudian memindahkannya ke kantong untuk disimpan. 

Lalu kantong ASI mana yang sebaiknya mama pilih. Mama mungkin bisa memilih salah satu merk kantong ASI terbaik berdasarkan review para mama pejuang ASI. 

 

Simak yuk, apa saja review kantong ASI yang bagus menurut mereka yang sudah menggunakan.

  • Kantong ASI Natural Moms

Pilihan Kami
Kantong ASI Natural Moms
  • BPA Free
  • Menghilangkan bakteri, jamur dan microorganise
  • Thermal Sensor
  • Material yang tebal dan kuat
  • Double zipper & Leak-proof seal

Kantong ASI Natural Moms punya banyak warna dan motif yang menggemaskan. Namun beberapa mama menilai dudukan bawah Natural Moms ini kurang stabil, khususnya ketika disusun di kulkas menjadi banyak makan tempat. 

Kelebihannya, kantong ASI Natural Moms ini mudah disobek seperti Gabag, jadi tak perlu gunting untuk membukanya. Plastiknya mudah ditulis dengan pulpen, sehingga memudahkan mama untuk menandai tanggal ASI perah yang ada di dalamnya. Kantong ASI Natural Moms ini juga punya thermal indicator untuk menginformasikan apakah ASI terlalu panas, terlalu dingin atau sudah pada suhu yang siap minum.

  • Kantong ASI Gabag Breastmilk Storage Bags

Ini Juga Oke
Gabag Breastmilk Storage Bags
  • Digunakan sebagai alternatif pengganti botol ASI
  • Terbuat dari plastik yang kuat (tidak mudah robek) dan dengan heat sealing untuk sekeliling bagian kantong ASI
  • Kondisi plastik sudah steril
  • Sudah BPA Free

Selain cooler bag ASI, Gabag juga memproduks kantong ASI berkualitas tinggi dan menjadi favorit banyak mama di Indonesia. Kualitas dan ketebalan plastiknya pun tidak kalah dengan produk impor. Selain itu, Kantong ASI Gabag ini memiliki seal samping untuk mencegah kebocoran saat jatuh. 

Menurut review, kantong ASI Gabag ini mudah disobek sehingga tak memerlukan gunting, dan permukaan plastiknya gampang ditulisi dengan pulpen. Kelebihan lain kantong ASI Gabag adalah kantongnya dilengkapi dengan double zip, jadi lebih kedap udara dan tidak gampang bocor. Kantong ASI ini juga bisa berdiri tegak saat sudah terisi cairan.

Tak hanya itu, kantong ASI Gabag juga memiliki desain yang lucu-lucu, yang membuat para mama jatuh cinta (desain kantong ASI rasa rujak, durian, es krim, rendang dan rasa cinta).

Kekurangan kantong ASI Gabag adalah kolom keterangan yang hanya berisi nama, tanggal dan jam. Tidak ada keterangan untuk volume. Selain itu, kantong ASI ini cukup gendut jadi tidak bisa disimpan terbaring rata di freezer. Beberapa mama juga menilai bukaan atasnya kurang lebar.

  • Kantong ASI Lansinoh Breast Milk Storage Bags

Bagus Juga
Lansinoh Breast Milk Storage Bags
  • 100% BPA free for total reassurance
  • Write-on tab eliminates potential puncture and ink contamination
  • Stores flat in freezer to help save space

Kantong ASI Lansinoh adalah kantong ASI best seller di dunia, dan diklaim terbuat dari bahan paling kuat. Kantong ASI ini berkapasitas 180 ml yang dapat berdiri tegak saat terisi, sehingga memudahkan mama saat menuang ASIP dari botol. 

Kerennya lagi, mama bisa memompa ASI langsung ke dalam kantong jika menggunakan pompa ASI Lansinoh. Jika kalau mama menggunakan pompa merek lain, mama hanya butuh adapter untuk menyambungkannya. 

Kantong ASI Lansinoh ini dapat dipipihkan dengan sempurna, sehingga hemat tempat di cooler bag atau freezer. Kantong ASI ini bisa berbaring rata di dalam freezer untuk penyimpanan yang mudah dan hemat ruang.

Lansinoh Breast Milk Storage Bags  ini juga memiliki segel ritsleting ganda anti bocor untuk menyimpan ASI dengan aman di dalam tas. 

Kekurangannya? Harganya cukup tinggi untuk kantong ASI. Namun kalau mama penasaran dengan produk international best seller yang merupakan merk kantong ASI terbaik, bisa juga coba kantong ASI Lansinoh ini.

  • Kantong ASI Malish Save ‘N Go Breastmilk Bag

Bagus Juga
Malish Save ‘N Go Breastmilk Bag
  • Memiliki double zipper
  • Dapat digunakan untuk penyimpanan di freezer
  • Material berkualitas, tidak mudah bocor, dan BPA Free, serta sudah di sterilkan
  • Siap pakai, aman & mudah digunakan

Malish awalnya dikenal sebagai merek pompa ASI yang bagus, baik manual maupun elektrik, dan bahkan selalu rent out di tempat-tempat penyewaan pompa ASI. Kini Malish merilis produk kantong ASI yang juga sangat disukai para mama.

Kantong ASI Malish ini hadir dengan desain yang lucu-lucu, sehingga membuat gemas banyak mama. Plastiknya lebih tebal daripada kantong ASI Gabag, dan juga hadir dengan double ziplock untuk mencegah kebocoran. Kantong ASI berkapasitas 100ml ini juga permukannya mudah ditulis dengan pulpen, dan dilengkapi thermal sensor untuk menginformasikan suhu ASIP.

Sayangnya, bagian untuk disobek di kantong ASI ini tidak dibuat putus-putus. Menurut review kantong ASI Malish, walaupun menyobeknya gampang, hasil sobekannya jadi berantakan. Tersedia juga dalam ukuran tall berkapasitas 180ml.

  • Kantong ASI Dr. Brown’s Breastmilk Storage Bags

Ini Juga Oke
Dr. Brown's Breastmilk Storage Bags
  • Dengan double zip seals untuk menjaga ASI yang berharga
  • Terdapat lipatan dibagian bawah untuk posisi berdiri
  • Ideal untuk penyimpanan ASI di kulkas atau di freezer
  • Terdapat tempat untuk menulis tanggal dan nama

Kantong ASI Dr. Brown’s ini terbuat dari bahan plastik sekali pakai yang kuat, tebal, dan aman, dan dilengkapi dengan double zip seals untuk menjaga kesegaran ASIP dan mencegahnya bocor atau tumpah. Kapasitasnya sebanyak 180ml.

Selain itu, kantong ASI Dr. Brown’s ini sudah dilengkapi dengan standar medis dan telah diuji secara klinis demi kesehatan dan keamanan. 

Secara kinerja, Dr. Brown’s Breastmilk Storage Bags bisa berdiri tegak dengan stabil setelah diisi susu berkat gusset di bagian bawah. Mama juga bisa menyobek kantong ASI ini dengan mudah, dengan adanya jalur sobek putus-putus di bagian atas. Selain itu, bagian atas yang berlubang membantu mencegah tumpahan dan membuatnya lebih mudah untuk mengeluarkan ASI dari kantongnya.

Dr. Brown’s juga menyediakan breastmilk storage tray yang cocok dengan desain kantong ASI ini sebagai untuk penyimpanan yang lebih rapi di kulkas atau freezer. Kekurangannya? Harga kantong ASIP Dr. Brown’s memang cukup tinggi.

  • Kantong ASI Natur

Alternatif
Kantong ASI Natur
  • Bebas BPA
  • Sudah disterilkan dan bisa disimpan di dalam freezer
  • Double zipper untuk mencegah kebocoran dan tumpah
  • Bisa diposisikan berdiri vertikal

Menurut review, kantong ASI Natur ini bagus jika mama menyimpan ASI sekalian sampai penuh, atau disimpan dalam keadaan terbaring sehingga bentuk kantong jadi pipih. Dalam posisi ini, kantong ASI berkapasitas 120ml ini bisa jadi gepeng sempurna. Mama bisa membekukannya dalam keadaan itu supaya hemat tempat di kulkas.

Jika isi kantong ASI hanya setengah penuh, malah agak susah disusun di freezer. Jadi kantong ASI Natur ini sangat cocok buat mama yang ASI-nya melimpah hingga luber.

Menurut review, kantong ASI Natur juga bisa didirikan kalau kantong plastik sudah diisi ASI perah. Kekurangannya, pinggiran plastik kantong ASI ini tidak dipress, hanya memiliki single zip, dan mudah sobek jika terkena benda tajam.

  • Kantong ASI Medela Pump & Save Bags

Bagus Juga
Kantong ASI Medela Pump & Save Bags
  • Cocok untuk Pompa Asi Medela
  • Anti tumpah, anti bocor dan gampang di tutup
  • Mencegah oksigen masuk ke kantong, cocok untuk disimpan di kulkas / freezer
  • Bebas BPA

Kantong ASI Medela Pump & Save memiliki fitur tali pengikat. Dengan demikian, mama bisa memompa langsung ASI ke dalam kantong dengan adapter (konektor) yang dijual terpisah. Kantong ASI ini dapat digunakan pada berbagai merek pompa ASI yang menggunakan selang. Jadi mama tidak perlu lagi repot-repot memindahkan ASIP dari botol ke kantong setelah memompa.

Kantong ASI Medela yang berkapasitas 150ml ini diklaim ideal untuk penyimpanan jangka panjang tanpa menghilangkan nutrisi yang terkandung pada ASI. 

Kantong ASI yang bisa berdiri tegak ini memiliki resleting anti bocor yang mudah ditutup. Selain itu, Medela juga memiliki penghalang oksigen untuk melindungi nutrisi dalam ASI selama penyimpanan. 

  • Kantong ASI Baaba

Pilihan Lainnya
Kantong ASI Baaba
  • Bahan bebas dari kandungan BPA & sudah steril
  • Didesain lucu dengan kapasitas 100 mL/kantong
  • Double Ziplock

Kantong ASI Baaba ini jadi favorit para mama karena desain dan warnanya yang menggemaskan. Gambarnya domba, sangat pas dengan mereknya (“baa…baa…”). Warnanya ada yang pink atau biru, dan sekarang ada yang transparan.

Menurut review, kantong ASI Baabaa ini tidak gampang bocor karena sudah dilengkapi double ziplock. Selain itu, bahannya aman karena BPA free, dan sudah diuji kemasan oleh BPOM dan FDA. Struktur kantong ASI ini membuatnya bisa berdiri tegak, dan ini juga memiliki heat-sealed edges.

Kekurangannya, menurut review, kantong ASI Baabaa ini kemasannya agak sulit disobek, jadi hasil sobekan tidak rapi. Untuk seri yang transparan, plastik lebih mudah disobek. Selain itu, bentuknya yang lebar membuat kantong ASI berkapasitas 100ml ini makan tempat di cooler bag ataupun freezer.

Itu dia beberapa review kantong ASI dan rekomendasi merk kantong ASI terbaik yang bisa kami himpun untuk mama semua. Semoga dengan ini mama bisa segera menentukan kantong ASI mana yang akan dipilih tanpa galau lagi ya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *