Rekomendasi Merk Susu Formula untuk Bayi Alergi Susu Sapi dan Soya

Jika bayi Anda kesulitan mencerna susu formula standar, alergi protein susu bisa menjadi penyebabnya. Dalam kasus tersebut, dokter anak dapat meresepkan susu formula bayi hipoalergenik—beberapa merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi—untuk membantu bayi mama dan papa mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. Beberapa dokter juga mungkin akan merekomendasikan susu formula hipoalergenik untuk bayi dengan riwayat alergi keluarga yang kuat.

Ada beberapa cara mengetahui bayi cocok susu formula atau tidak. Memang ada beberapa tanda bayi tidak cocok susu formula tertentu yang bisa kita lihat. Jika bayi menangis terus-menerus, perutnya gas, atau sulit tidur, itu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah mungkin dengan susu formula yang ia konsumsi. Sedangkan gejala alergi pada bayi yang umum termasuk pilek, mengi (sesak nafas), eksim, muntah, diare, dan iritasi ekstrem. 

Jika bayi mama dan papa dicurigai alergi, bicarakan dengan dokter sebelum beralih kepada merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi, guna memastikan bahwa sebenarnya itulah masalahnya.

Apa itu susu formula bayi hypoallergenic?

Meskipun susu formula hypoallergenic biasanya dibuat dengan susu sapi, susu khusus bayi alergi ini diproses sehingga protein (yang menyebabkan alergi dipecah) agar lebih mudah dicerna untuk bayi. Dua jenis susu formula hipoalergenik yang umum adalah formula bayi yang dihidrolisis secara ekstensif dan berbasis asam amino, keduanya terbukti dapat ditoleransi oleh setidaknya 90 persen bayi dengan alergi.

Selain itu, ada juga susu formula terhidrolisis sebagian, yang menjadi opsi saat mama dan papa mencari susu formula hypoallergenic. Meskipun opsi-opsi ini dapat menghilangkan masalah dan gas pada beberapa bayi, penting untuk dicatat bahwa susu terhidrolisis sebagian sebenarnya bukan hypoallergenic, dan tidak ditujukan untuk bayi dengan alergi yang telah dikonfirmasi dokter.

Mama dan papa bisa memilih harga susu hypoallergenic paling murah atau yang termahal, tapi yang paling penting adalah apakah bayi cocok dan tak menimbulkan masalah pada tubuh atau pencernaannya.

Alternatif untuk susu formula hypoallergenic

Alternatif yang bisa mama dan papa pilih selain susu formula hypoallergenic tentu saja adalah ASI. American Academy of Pediatrics menganggap menyusui adalah sumber nutrisi yang ideal untuk bayi, dan angka kejadian alergi makanan sangat rendah pada bayi yang disusui. Dalam kasus-kasus itu, menghentikan pemberian susu sapi, telur, ikan, dan makanan lain yang dikonsumsi ibu umumnya meringankan gejala-gejala alergi pada bayi.

Susu formula soya atau kedelai adalah alternatif umum lain untuk formula hypoallergenic. Bayi dengan gejala alergi susu sapi terkait IgE (pilek, mengi, eksim, muntah, dan kesulitan bernafas) memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi dengan susu formula kedelai—meskipun beberapa ahli meremehkan penggunaan susu formula berbasis kedelai.

Namun susu formula berbasis kedelai bisa jadi sama memancing alerginya dengan susu formula berbahan dasar susu sapi. Delapan hingga 14 persen bayi dengan alergi susu sapi juga bereaksi alergi terhadap kedelai. Beberapa bayi akan mengalami proktokolitis atau enterokolitis. Istilah enterocolitis mengacu pada peradangan pada saluran GI, yang meliputi usus kecil dan usus besar (usus besar). Istilah proktokolitis mengacu pada peradangan rektum.

Jika proktokolitis atau enterokolitis terjadi, 25 hingga 60 persen akan bereaksi terhadap formula kedelai. Karena alasan ini, beberapa ahli tidak menganjurkan susu formula berbasis kedelai dalam pengobatan alergi susu sapi. 

Jika memang bayi mama dan papa alergi terhadap susu sapi dan susu kedelai, maka harus mencari susu untuk bayi alergi susu sapi dan soya, karena susu formula soya tidak bisa menjadi alternatif cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi.

Merk Susu Formula untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Meskipun tidak ada susu formula anti alergi yang sempurna, masih ada banyak cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Ada beberapa merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi yang hypoallergenic, yang jauh lebih baik daripada yang lain menurut rekomendasi ahli atau review orang tua. Mama dan papa bisa membeli merk susu formula terbaik untuk bayi alergi di bawah ini dengan harga termurah, dengan cara mengklik tombol yang ada.

 

Berikut ini alternatif susu formula untuk si kecil yang alergi susu sapi dan soya

  • Nutramigen

Pilihan Kami
Nutramigen
  • Mengandung Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, dan K. Mengandung Mineral dan Kalsium
  • Mengandung protein terhidrolisis ekstensif atau memiliki potensi alergenisitas paling rendah
  • 400 g

Enfamil Nutramigen dengan Enflora LGG adalah susu formula bayi hipoalergenik yang telah terbukti dan dirancang khusus untuk mengelola kolik karena alergi protein susu sapi. Susu formula untuk bayi alergi susu sapi ini mengandung protein terhidrolisis luas untuk mengurangi paparan alergen bayi dan LGG probiotik untuk membantu kekuatan penghalang usus mereka.

Nutramigen adalah susu formula bayi yang ringan dan bebas laktosa yang mengandung nutrisi penting dalam ASI seperti omega 3 DHA, ARA, dan Choline yang memberikan nutrisi untuk perkembangan otak bayi. Susu formula hipoalergenik ini membantu mendukung bayi dengan pertumbuhan dan perkembangan normal. 

Menurut beberapa review, Nutramigen terbukti ampuh untuk mengelola kolik karena alergi protein susu sapi. Reaksinya pun cukup cepat; biasanya hanya dalam 48 jam. Untuk bayi yang alergi terhadap protein susu sapi yang ditemukan dalam susu formula bayi biasa, Nutramigen merupakan alternatif yang dipercaya dan bergizi seimbang bayi usia nol hingga 12 bulan.

Menurut salah satu review orang tua yang bayinya menderita refluks yang parah dan alergi susu, Nutramigen adalah satu-satunya susu formula yang efektif mengatasi alergi dan bisa dikonsumsi bayinya. Sebelum memulai formula ini, bayinya menangis sepanjang hari dan terjaga sepanjang malam. Setelah mengkonsumsi susu formula ini, akhirnya sang bayi bisa tenang dan jarang menangis. Dia bisa tidur tiga jam di malam hari dan tidur nyenyak di siang hari.

Banyak orang tua mengatakan Nutramigen menghentikan masalah kolik pada bayi mereka, dan tidak memancing reaksi alergi seperti susu formula berbasis susu sapi. Selain itu, susu formula anti alergi ini juga tidak menyebabkan masalah pencernaan lainnya. 

Kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal dan agak sulit ditemukan di supermarket atau toko-toko biasa. Namun mama dan papa selalu bisa menikmati belanja online gratis ongkir untuk membeli susu Nutramigen ini di beberapa e-commerce.

  • Neocate

Ini Juga Boleh
Neocate
  • Berbahan dasar asam amino murni 100%, non-alergenik dan tidak mengandung protein susu sapi
  • Diformulasikan dengan Sirup Glukosa Padat, Asam Amino Formula (sebagai Pengganti Protein), Asam Linoleat dan Asam Alpha Linolenat, dan Bebas laktosa
  • 400g

Neocate dari Nutricia adalah salah satu merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi yang menawarkan nutrisi lengkap yang dirancang untuk anak-anak dengan alergi makanan, yang didukung oleh program dukungan Neocate Footsteps yang didedikasikan untuk memberi solusi yang dibutuhkan orang tua dengan bayi alergi susu sapi.

Susu formula untuk bayi alergi susu sapi ini diformulasikan dengan bahan-bahan dalam bentuk paling sederhana dan paling murni, sehingga lebih mudah untuk diproses dan dicerna tubuh bayi. Selain itu, susu ini berbasis asam amino yang merupakan bahan pembangun protein dan sepenuhnya tidak menyebabkan alergi. Susu Neocate menjadi opsi ketika bayi mama dan papa masih juga alergi ketika mengkonsumsi susu formula anti alergi terhidrolisis ekstensif, seperti Nutramigen atau Alimentum.

Susu Neocate ini juga menyediakan semua nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang, sehingga tak perlu takut si kecil kurang nutrisi karena tak mengkonsumsi susu sapi atau ASI.

Neocate juga telah banyak diandalkan orang tua dengan bayi alergi susu sapi. Menurut review Neocate yang ditulis salah satu orang tua, susu formula ini merupakan penyelamat. Bayinya tak cocok dengan Nutramigen dan susu formula lainnya, namun ternyata ia cocok dengan Neocate. Satu-satunya kekurangan susu Neocate adalah ketika membuatnya, karena bubuk formula ini sering menyumbat nipple pada botol susu. Namun pabrikan Nutricia menyediakan rekomendasi untuk cara membuat yang efektif. Ibu tersebut senang karena anaknya berkembang dengan sehat dan normal.

Salah satu orang tua mengatakan bahwa bayinya menderita alergi susu yang menyebabkan malabsorpsi, bahkan pada susu formula hypoallergenic lainnya. Neocate adalah satu-satunya yang bisa ditolerir bayinya dan membantu mendapatkan semua nutrisi untuk berkembang. Beberapa orang tua bahkan melaporkan penambahan berat badan yang signifikan pada bayi ketika rutin mengkonsumsi susu ini.

Beberapa orang tua juga mengatakan susu Neocate efektif untuk mengatasi masalah alergi lainnya, seperti Dermatitis Atopik (eksim) dan masalah kulit serta pencernaan lainnya. Neocate juga menjadi susu yang banyak diandalkan orang tua dengan masalah bayi alergi susu sapi dan susu soya. Jadi Neocate merupakan susu untuk bayi alergi susu sapi dan soya yang bisa dicoba. 

Kekurangannya adalah harganya cukup mahal karena memang berbasis asam amino. Seperti halnya merek susu formula untuk bayi alergi susu sapi lainnya, Neocate agak sulit didapat di supermarket atau toko konvensional.

  • Similac Alimentum

Boleh Juga
Similac Alimentum
  • Membantu meredakan sakit perut yang di sebabkan oleh alergi makanan, susu dan kolik
  • 561gr

Similac Alimentum adalah susu untuk bayi alergi susu sapi dan soya yang nutrisinya sangat lengkap, untuk bayi dengan alergi makanan parah, termasuk yang menderita gejala kolik karena sensitivitas protein. 

Susu formula hipolergenik dari Abbott ini mengandung protein susu yang telah dicerna yang dipecah menjadi potongan-potongan sederhana untuk menghilangkan reaksi alergi pada kebanyakan bayi yang alergi terhadap protein susu sapi, dan merupakan susu formula yang terhidrolisis ekstensif.

Similac Alimentum diklaim mampu menghentikan bayi yang menangis berlebihan karena sensitivitas protein susu sapi pada sebagian besar bayi dalam waktu 24 jamberdasarkan studi klinis dengan Similac Alimentum Ready-to-Feed tanpa DHA/ARA pada sekelompok kecil bayi yang mengalami gejala kolik karena sensitivitas protein susu sapi.

Susu formula anti alergi ini mengandung DHA dan ARA, nutrisi khusus yang ditemukan dalam ASI yang penting untuk membantu mendukung perkembangan otak dan mata bayi.

Menurut review para orang tua, bayi-bayi mereka berhenti menunjukkan reaksi alergi seperti kolik atau masalah pencernaan lainnya setelah mengkonsumsi Similac Alimentum. Tak hanya itu, beberapa juga mengatakan bayi mereka mengalami penambahan berat badan karena nutrisinya tercukupi. Walaupun mereka berpendapat aroma dan rasanya kurang enak, Alimentum kaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk bayi yang alergi susu sapi. Bayi mereka juga jadi jauh lebih tenang dan tidak rewel.

Kekurangannya adalah susu Similac Alimentum ini impor dan sulit didapatkan. Hanya tersedia online dan harganya cukup mahal. Namun mama dan papa bisa menggunakan kode voucher untuk mendapatkan promo dan diskon, bahkan menggunakan kupon belanja online gratis ongkir supaya lebih hemat. Umumnya susu Similac Alimentum yang dijual online kemasannya kaleng berukuran 561 gram.

  • Karihome Infant Formula

Alternatif Lainnya
Karihome Infant Formula
  • Baik bagi anak yang alergi terhadap susu sapi dan percernaan susah
  • Cocok untuk anak usia 0-6 bulan
  • Susu kambing

Karihome Goat Milk adalah susu formula berbasis susu kambing sebagai alternatif susu formula berbasis susu sapi, yang umumnya cocok untuk bayi berperut sensitif. Mama dan papa bisa mencoba susu Karihomesusu formula bayi berbasis susu kambingjika bayi mama dan papa sensitif terhadap susu sapi, tetapi tidak alergi terhadap susu sapi. 

Susu formula Karihome Goat Milk ini sangat populer di Singapura dan Malaysia. Produk asal Selandia Baru ini juga telah mengantongi sertifikasi halal, dan mengandung banyak kebaikan susu kambing.Tak hanya lebih mudah dicerna oleh anak-anak dan dewasa dibandingan susu sapi, susu kambing juga sangat bergizi. 

Menurut penelitian, susu kambing mengandung nutrisi yang paling dekat dengan susu sapi daripada alternatif lain, namun memiliki sifat fisik tertentu yang membedakannya, yang dapat berdampak pada pencernaan dan kesehatan. Banyak orang yang merasa memiliki masalah dengan susu sapi dapat meminum susu kambing tanpa masalah, dan bahkan mengatakan bahwa gejala alergi susu sapi seperti eksim, asma, kembung, sembelit, konstipasi, dan masalan pencernaan lainnya berkurang atau hilang sama sekali.

Seringkali ada kebingungan tentang intoleransi laktosa dan bisa terjadi salah diagnosis. Kadang-kadang intoleransi protein susu sapi (CMPI) salah didiagnosis sebagai intoleransi laktosa. Dalam kasus CMPI, susu kambing bisa menjadi alternatif yang efektif, terutama untuk bayi dan anak-anak.

Karihome menyediakan susu formula untuk anak-anak dari usia 6 bulan hingga 3 tahun dan susu untuk orang dewasa. Ada formula khusus untuk setiap kelompok umur yang berbeda untuk memastikan bahwa kebutuhan gizi anak-anak Anda terpenuhi.

Susu formula kambing telah menjadi pilihan yang baik untuk bayi dengan sensitivitas susu sapi. Tetapi jika bayi mama dan papa memiliki alergi protein susu sapi yang didiagnosis oleh dokter, maka bayi mama dan papa mungkin memiliki masalah dengan protein susu kambing juga.

Menurut beberapa review Karihome yang ditulis orang tua, mereka menyatakan anak mereka bebas sembelit setelah minum susu formula berbasis susu kambing ini. Mereka memilih Karihome Goat Milk karena susu kambing memiliki tingkat nutrisi yang baik seperti Nucletiodes, Sialic Acid, dan Taurine yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan. Kandungan tinggi Casein Phosphopeptides (CPP) dalam susu kambing meningkatkan kelarutan dan penyerapan mineral oleh tubuh. 

  • Nutribaby Royal Allerpre 1

Pilihan Lainnya
Nutribaby Royal Allerpre 1
  • Mengandung komposisi yang berperan dalam perkembangan mata dan otak
  • Mengandung protein hydrolysed yang kemudian diolah kembali menjadi formula hypo allergenic untuk memudahkan pencernaan dan mengurangi gejala alergi karena susu.
  • 400 gr

Nutribaby Royal Allerpre 1 adalah susu formula anti alergi yang cukup mudah ditemukan, walaupun tak semuda susu formula pada umumnya. Susu khusus bayi yang alergi susu sapi ini memiliki formula hypoallergenic dan mengandung banyak vitamin. Susu ini diformulasikan untuk mendukung sistem imun serta minyak ikan yang membantu perkembangan otak dan mata bayi.

Susu Nutribaby Royal Allerpre juga mengandung protein terhidrolisasi, yang kemudian diolah kembali menjadi formula anti-alergi yang diharapkan akan memudahkan pencernaan bayi dan mengurangi gejala alergi susu sapi.

Penting dipahami bahwa susu formula untuk bayi alergi susu sapi bukanlah pengganti ASI. Sangat disarankan untuk menjadikan sufor anti alergi ini sebagai pendamping ASI, dan bayi perlu diupayakan untuk mendapatkan ASI semaksimal mungkin.

Apa saja jenis susu formula hypoallergenic yang tersedia di pasaran?

Susu Formula Soya

Walaupun ini merupakan alternatif dari susu formula sapi, 8-14% bayi dengan alergi susu sapi akan alergi pula terhadap susu kedelai. Selain itu, terlalu banyak kedelai untuk bayi belum diteliti dalam hal efek jangka panjangnya. Jadi banyak ahli tak merekomendasikan susu formula soya, terutama susu kedelai non-organik, untuk bayi dengan alergi protein susu sapi.

Susu Formula Bayi Berbasis Susu Kambing

Susu formula susu kambing bisa menjadi pilihan yang baik jika bayi mama dan papa memiliki sensitivitas susu sapi, bukan alergi protein susu sapi yang didiagnosis oleh dokter. 

Susu Formula Terhidrolisasi Sebagian

Ini mengambil whey protein susu sapi dan memecahnya menjadi potongan-potongan besar. Tetapi ini masih bisa memicu reaksi alergi pada bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Susu Formula Terhidrolisasi Ekstensif

Ini adalah susu formula hipoalergenik. Susu anti alergi ini dibuat untuk bayi yang tidak bisa mencerna atau alergi terhadap protein susu sapi. Formula-formula ini memecah kasein (protein susu sapi) menjadi beberapa bagian kecil. Susu formula anti alegi terhidrolisasi ekstensif di antaranya Nutramigen dan Alimentum.

Susu Formula Berbasis Asam Amino

Ini juga susu formula hipoalergenik. Susu anti alergi ini sama sekali tidak mengandung molekul protein utuh. Sebaliknya, susu jenis ini mengandung semua asam amino basa, yang merupakan bahan pembangun protein. Ini adalah yang paling mahal serta menjadi opsi terakhir, dan digunakan ketika bayi bereaksi alergi bahkan terhadap formula yang terhidrolisis secara ekstensif. Neocate adalah salah satu susu formula anti alergi berbasis asam amino.

Itulah beberapa hal mengenai alergi susu sapi pada bayi dan opsi-opsi susu sapi anti alergi yang bisa menjadi solusinya. Semoga bisa membantu mama dan papa menentukan yang terbaik untuk si kecil ya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *