7 Produk Popok Bayi Premium Tipe Celana Terbaik!

Diapers atau popok bayi sekali pakai (pospak) adalah kebutuhan dasar setiap bayi, baik yang baru lahir ataupun bayi yang sudah tumbuh besar. Pilihan popok bayi yang ada di pasaran mungkin tampak tidak ada habisnya. 

Tidak mungkin untuk mengetahui dengan melihat sekilas apakah satu merek popok bayi lebih baik daripada merek lainnya dalam hal daya serap, bahan, dan kenyamanan, atau apakah popok bayi yang lebih mahal sepadan dengan harganya. 

Tak hanya itu, jenis popok juga perlu jadi bahan pertimbangan. popok bayi baru lahir dengan popok bayi yang sudah agak besar bisa jadi berbeda dan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apakah bayi kita perlu popok celana? Atau lebih cocok dengan popok bayi dengan perekat? 

Sedikit clue, popok perekat biasanya lebih cocok untuk bayi baru lahir dan bayi yang belum bisa berdiri. Jadi untuk bayi kecil apalagi newborn, paling baik ya pakai popok tipe perekat. Sementara popok celana lebih cocok untuk bayi yang sudah bisa berdiri/belajar jalan, karena lebih mudah dipakaikan pada anak yang aktif.

Di sini kami ingin membahas beberapa review atau ulasan popok celana premium sekaligus rekomendasi produknya, sebagai acuan buat mama dan papa untuk menentukan. Di artikel lainnya, kami juga akan bahas review dan memberikan rekomendasi produk popok celana ekonomis.

Apa bedanya popok bayi premium dengan popok bayi ekonomis/standar? Berikut menurut pengalaman para orang tua:

  • Permukaan popok bayi premium lebih halus dan lembut bagai kapas. Materialnya breathable dan adem, sehingga kulit bayi tetap kering untuk mencegah ruam popok.
  • Popok bayi premium biasanya dilengkapi dengan indikator pipis (wetness indicator) untuk membantu mama dan papa mengetahui kapan waktunya ganti popok.
  • Daya tampung cairan biasanya lebih besar. Cutting-nya juga lebih pas dan rapi.
  • Khusus popok tipe celana, biasanya dilengkapi dengan roll tape agar mudah membuang.
 

Nah sekarang waktunya menyimak beberapa merek popok bayi terbaik dari jenis popok celana premium (premium diaper pants), berdasarkan review dari para orang tua yang sudah mencobanya.

  • Pokana Pants Super

Pilihan Kami
Pokana Pants Super
  • Dibuat dengan Teknologi Korea
  • Untuk anak dengan berat 7 -12 kg
  • Memiliki fitur anti bacterial agar tetap higienis dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi
  • Terbuat dari bahan – bahan yang telah teruji secara klinis sehingga terasa nyaman dan lembut di kulit bayi
  • Memiliki sirkulasi udara sehingga kulit bayi tetap kering dan tidak lembap

Dalam sekali pandang, popok bayi Pokana Pants Super ini sangat menarik, karena desainnya super cute dan tersedia warna pink dan biru yang bisa dipilih. Dari sisi bahan, popok bayi tipe celana ini sangat lembut dan terasa bagai kapas. Tebalnya juga pas; tidak setebal Mamy Poko Pants Extra Soft, tapi tak setipis Pampers Premium Care. 

Tak hanya itu, daya serap Pokana Pants Super ini juga sangat baik. Bisa menampung pipis bayi semalaman tanpa bocor. Kejadian bocor menurut review cukup jarang, kecuali jika popok dibiarkan penuh tanpa diganti selama beberapa jam. Dengan demikian, tingkat kenyamanan dan daya serap yang ditawarkan Pokana Pants Super amat baik.

Dari sisi desain, popok celana ini baik dan pas, karena karetnya cukup kencang di pinggang namun tetap lembut. Namun untuk bayi yang agak gemuk, mungkin Pokana Pants Super bisa agak ketat di pinggang (karena cutting kecil) sehingga kurang nyaman. Untuk bayi yang tidak gemuk atau cenderung slim, popok celana yang satu ini sangat pas dan jarang kendor atau melorot turun (kecuali jika sudah sangat penuh).

Dari sisi harga, Pokana Pants Super cukup terjangkau, dengan kisaran 80-100 ribuan per pak dengan ukuran S, M, L dan XL. Sayangnya, tidak ada ukuran XXL untuk diapers ini sehingga bayi yang sudah besar atau agak gemuk harus dicarikan pilihan lain. Selain itu, Pokana Pants Super agak jarang ditemukan di toko-toko seperti swalayan dan hanya tersedia di toko tertentu atau bisa dibeli online.

Kelebihan lainnya, Pokana Pants Super dikemas dalam plastik terpisah per popoknya, sehingga tetap steril dan sangat memudahkan mama dan papa ketika bepergian. Diapers ini tak akan jadi kotor saat dibawa-bawa dalam tas, karena tetap terlindung dalam kemasan plastiknya. 

Kemasan plastik ini juga berguna buat buang popok bekas pakainya yah. Selain itu ada juga roll tape untuk menggulung si popok bekas supaya jadi kecil dan bisa dimasukkan dalam plastik. Tangan kita pun bisa tetap bersih ketika mengganti popok si kecil.

Sisi negatifnya, buat mama dan papa yang sedang ‘puasa kantong plastik’ kemasan plastik satuan ini mungkin bukan pilihan yang nyaman di hati.

Oh ya, Pokana Pants Super cukup sering dijual dengan harga promo, seperti harga diskon atau promo buy one get one dan promo gratis ongkir seperti yang ditawarkan di Blibli.com. Di sini mama dan papa bisa menemukan popok bayi termurah untuk menghemat budget.

  • Mamy Poko Pants Extra Soft

Ini Juga Oke
Mamy Poko Pants Extra Soft
  • Untuk bayi dengan berat 12-17 kg
  • Dibuat dari bahan yang ekstra lembut dan nyaman untuk si kecil
  • Memberikan daya serap yang cepat, sehingga membuat si kecil menjadi lebih nyaman

Popok bayi tipe celana Mamy Poko Pants Extra Soft hadir dengan dua tema desain dengan warna pink dan biru, buat anak laki dan anak perempuan dengan desain bergambar Disney’s Winnie The Pooh. Warna biru dan pink tersedia untuk ukuran M, L, XL dan XXL, sedangkan desain unisex ada di ukuran S dan M.

Sesuai namanya, popok bayi Mamy Poko Pants Extra Soft ini teksturnya sangat lembut bagai kapas; sedikit lebih lembut daripada Pokana Pants Super. Tapi ketebalannya lebih tebal dibandingkan Pokana Pants Super, apalagi kalo dibandingkan dengan Pampers Premium Care. Memang tetap nyaman dipakai, tapi kalo sudah agak penuh bokong si kecil jadi kelihatan ‘gembol’ dan sepertinya jadi kurang nyaman.

Untuk ketahanan terhadap bocor, Pokana Pants Super agak lebih tahan, tapi tidak jauh beda dengan Mamy Poko Extra Soft ini ya. Sejauh ini menurut review, popok bayi ini nggak gampang bocor walaupun dipakai tidur semalaman. Jadi daya serap Mamy Poko Pants Super bisa dibilang juara.

Untuk kemudahan pembuangan, di setiap popok Mami Poko Pants Extra Soft ada roll tape untuk menggulung popok bekas. Popok ini juga tidak dikemas satu-persatu dengan plastik, sehingga kalau mau dibawa bepergian harus dimasukkan dalam kantong khusus supaya tidak kotor.

Dari sisi cutting, Mamy Poko Pants Extra Soft termasuk cutting cukup besar sehingga masih nyaman dipakai bayi yang gemuk atau besar. Tapi tidak sangat besar sehingga bayi yang slim-pun masih nyaman memakainya.

Popok bayi Mamy Poko Pants Extra Soft ini juga tidak sulit ditemukan, dan sering ditawarkan dengan harga promo di berbagai e-commerce

  • Goon Premium Pants

Boleh Juga
Goon Premium Pants
  • Untuk bayi yang memiliki berat 12-20 kg
  • Dibuat dengan perekat fleksibel dan nyaman untuk si kecil
  • Bebas iritasi kulit bayi
  • Bahan yang nyaman dan lembut
  • Daya serap cepat dan tidak mudah bocor

Salah satu merek popok bayi tipe celana yang juga sangat digemari mama dan papa adalah Goon Premium Pants. Popok bayi ini tersedia dari ukuran M hingga XXL, dalam warna putih dengan desain gambar yang berbeda-beda.

Dari sisi bahan, Goon Premium Pants cukup lembut dan nyaman. Kelembutannya tidak selembut Mamy Poko Extra Soft, tapi masih terasa seperti kapas dan nyaman dipakai. Ketebalannya lebih tipis dibandingkan Pokana Pants Super, dan jauh lebih tipis dibandingkan Mamy Poko Pants Extra Soft. 

Menurut review, berkat ketipisannya, Goon Premium Pants jadi tidak gembung walaupun sudah cukup penuh. Karetnya pun tidak ketat, tapi juga tidak kendor (elastis) sehingga anak jadi lebih nyaman dan bebas bergerak.

Selain lumayan tipis, cutting Goon Premium Pants ini juga besar; bahkan lebih besar daripada Mamy Poko Pants Extra Soft. Karenanya, popok bayi satu ini cocok untuk anak dan bayi yang gemuk atau tinggi. Dengan cutting yang besar, popok lebih mantap ketika dipakai dan nggak gampang melorot.

Untuk menjaga kulit bayi tetap kering, Goon mengklaim telah melengkapi bagian belakang popok dengan material yang breathable. Hal ini berguna untuk mencegah ruam popok. Lalu ada juga garis penanda pipis, yang akan berubah menjadi biru seluruhnya jika popok sudah penuh terisi cairan.

Dari sisi daya serap, Goon Premium Pants masih belum menyamai Mamy Poko Pants Extra Soft, Pampers Premium Care atau Pokana Pants Super. Tapi bisa dimaklumi mengingat harganya yang lebih ekonomis. Dan sebetulnya popok ini nggak gampang bocor juga. Apalagi dengan adanya garis indikator pipis, mama dan papa jadi tahu kapan harus mengganti popok. Ini juga bisa mencegah ruam popok lho.

Untuk kemudahan pembuangan, Goon Premium Pants dilengkapi dengan roll tape. Namun popok bayi ini tidak dibungkus satu-persatu dengan plastik. Popok ini tersedia dalam kemasan jumbo (isinya jumlahnya standar dengan popok celana merek lainnya) dan juga kemasan super jumbo buat mama dan papa yang mau stok banyak.

  • Pampers Premium Care

Bagus Juga
Pampers Premium Care
  • Ultra tipis
  • Sistem DryMax yang mampu menyerap cairan lebih banyak dan cepat
  • Untuk bayi dengan berat maksimal 17 kg

Banyak mama dan papa jatuh hati dengan Pampers Premium Care, karena walaupun popoknya sangat tipis, tapi daya serapnya juara sehingga jarang sekali bocor. Selain itu, popok tipe celana ini permukaannya tetap kering meskipun sudah penuh. Hal ini membantu mencegah ruam popok dan membuat bayi tetap nyaman.

Karena tipis, Pampers Premium Care tidak menjadi gembung jika penuh. Karenanya, bayi jadi lebih nyaman dan bebas bergerak. Popok ini juga memiliki indikator pipis yang berubah jadi hijau seluruhnya jika penuh, sehingga mama dan papa bisa tahu kapan harus ganti popok.

Bahan yang digunakan Pampers Premium Care juga sangat halus dan membuat kulit bayi bebas bernapas. Menurut review, selain daya serap yang bagus, cutting-nya sangat pas sehingga tidak kebesaran ataupun terlalu pendek di bagian pinggang. 

Dari sisi harga, Pampers Premium Care memang agak di atas merek-merek popok bayi tipe celana premium pada umumnya. Namun kualitas Pampers ini memang tak diragukan lagi. Tapi jangan khawatir, popok ini juga sering ditawarkan dengan harga promo di berbagai e-commerce.

Pampers Premium Care tersedia dalam ukuran New Baby (newborn), S, M, L, XL dan XXL.

  • Sweety Gold Pants

Pilihan Lainnya
Sweety Gold Pants
  • Dengan teknologi Diamond Layer dan merupakan Overnight Pantz Diaper
  • Memiliki wetness indicator dan menyertakan 360 derajat Leak Guard Protection
  • Terdapat kandungan Natural Aloe Vera Moisturizer dengan didukung teknologi 3D Diamond yang mendistribusi cairan dengan baik

Ini dia salah satu popok celana premium lainnya yang disukai para mama dan papa: Sweety Gold Pants. Mereka yang sudah pakai melaporkan daya serapnya juara, sehingga jarang bocor. Untuk menahan pup bayi juga bagus, dan memang ada indikator pipis sehingga orang tua bisa tahu kapan waktu mengganti popok.

Dari sisi materialnya, permukaan popok bayi Sweety Gold Pants yang bertekstur ternyata juga sangat halus, sehingga bayi nyaman. Menurut review, Sweety Gold Pants ini tidak membuat pantat bayi iritasi, seperti popok-popok bayi premium lain yang sudah dibahas di artikel ini.

Selain itu, cutting dan desainnya juga pas, dan ukurannya kurang lebih sama dengan Mamy Poko Pants. Karetnya elastis dan tidak kendor, tapi juga tidak ketat hingga berbekas di perut bayi. Untuk bayi gemuk atau tinggi Sweety Gold Pants ini masih nyaman dipakai, dan untuk bayi slim juga masih pas.

Sweety Gold Pants tersedia dalam ukuran NB (newborn), S, M, L, XL hingga XXL.

  • Bambo Nature Dream 

Ini Juga Oke
Bambo Nature Dream
  • Ramah lingkungan (Eco-Friendly) pertama di Indonesia
  • Memiliki 3 lapisan yang sangat unik dengan super-absorbent core yang memiliki daya serap dan daya tampung yang luar biasa
  • Nyaman dipakai dan kulit lembut pada bayi akan selalu kering
  • Kelembutan dan bagian pinggang yang lebih fleksibel

Popok bayi premium Bambo Nature Dream adalah popok organik yang mulai dilirik mama dan papa pecinta lingkungan, yang peduli dengan kelangsungan alam. Popok bayi tipe celana ini diklaim ramah lingkungan dan bio-degradable, yang artinya limbahnya bisa hancur dan terurai oleh organisme hidup yang berasal dari tumbuhan atau hewan.

Dari segi kualitas, tentu saja material Bambo Nature Dream sangat halus, lembut, adem dan nyaman. Tak ada bahan kimia, paraben, alergen atau parfum dalam materialnya, dan popok sekali pakai ini diuji secara dermatologis. Jadi nggak khawatir bakal iritasi atau ruam popok ya. Selain lembut, materialnya juga breathable dan tetap kering walau penuh, sehingga bayi bakal tetap nyaman seharian/semalaman.

Menurut seorang mama yang sudah mencoba, Bambo Nature Dream pants ini tahan nggak bocor setelah pemakaian selama 11 jam dengan berkali-kali pipis dan pup. Masih menurut review, desain dan cutting-nya pas, sehingga anak bisa bebas bergerak kapan saja.

Bambo Nature memproduksi produk popok bayinya di pabrik mereka sendiri di Denmark, dan sepenuhnya mengatur semua bahan dan material yang digunakan dalam produk mereka, serta mengendalikan jejak karbon mereka. Ini contoh manufaktur yang bertanggung jawab pada lingkungan ya.

Popok celana Bambo Nature Dream tersedia dalam ukuran Newborn, Size 1, 2, 3, 4, 5 hingga 6. Kekurangan dari Bambo Nature adalah harga popok bayi premium ini lumayan tinggi dibandingkan produk setarafnya. Tapi kalau mama dan papa bisa berkontribusi menyelamatkan lingkungan, kenapa tidak?

  • Happy Diapers 

Alternatif Lainnya
Happy Diapers
  • Popok untuk bayi dengan berat 7-12 kg
  • Terbuat dari bahan berkualitas
  • Memiliki daya rekat kuat sehingga tidak mudah lepas
  • Didesain fun dalam karakter lucu

Seperti produk popok bayi premium pada umumnya, Happy Diapers sangat concern dengan desain dan cutting-nya. Gambar popok celana ini lucu-lucu dan banyak sekali pilihannya. Gambarnya juga nggak pasaran; bukan hanya sekedar karakter kartun tapi banyak juga gambar bunga, buah, dan corak-corak unik lainnya.

Menurut review ibu yang sudah pakai, produk Happy Diapers pants ini tidak gampang bocor. Happy Diapers memiliki lapisan tambahan yang berfungsi untuk mendistribusikan carian, sehingga lebih cepat diserap dan tidak bocor. 

Beberapa diapers merek tertentu dilaporkan sering gembung di satu titik, misalkan di bagian depan saja. Hal tersebut selain akan membuat pipis menggenang dan bisa bocor, juga akan menghimpit bagian kemaluan, terutama bayi laki-laki.

Daya serap Happy Diapers makin mantap dengan adanya gel yang berdaya serap tinggi. Permukaan popok pun tetap kering walaupun sudah berkali-kali pipis.

Dari sisi bahan, lapisan bagian dalam produk Happy Diapers sangat lembut, dan terasa halus sekali kalau diraba. Permukaan yang lembut ini mencegah iritasi pada kulit bayi. Tak hanya itu, bagian luar popoknya berpori dan breathable, sehingga menjaga kulit bayi tetap kering.

Untuk cutting, Happy Diapers cenderung slim fit sehingga pas buat anak yang tidak gemuk. Namun karena bagian karet pinggangnya elastis, anak yang gemuk juga akan tetap nyaman dan pas memakai popok celana ini.

Kekurangannya, Happy Diapers agak sulit ditemukan dibandingkan produk lain yang setara, dan dalam satu pak hanya ada satu jenis gambar/desain. Selain itu, ukuran yang tersedia hanya M, L, dan XL. Jadi untuk bayi kecil dan bayi yang sudah besar tidak bisa memakai popok celana ini.

Nah itu dia beberapa rekomendasi produk dan review popok celana premium yang telah kami himpun dari para pengguna. Semoga bisa membantu mama dan papa memutuskan popok bayi terbaik untuk buah hatinya ya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *