Smartwatch

7 Smartwatch Terbaik Tahun 2020

Smartwatch bukanlah sekadar jam tangan biasa yang berfungsi untuk menunjukkan waktu atau membuat gayamu semakin keren. Sesuai namanya, smartwatch memiliki berbagai fitur pintar yang tak dimiliki oleh jam tangan pada umumnya.

Jam tangan pintar ini bisa membantumu dalam berbagai aktivitas. Mulai dari menunjukkan arah saat kamu sedang traveling, menerima panggilan masuk, membalas pesan, atau menemukan lokasi smartphone-mu.

Buat kamu yang menjalani gaya hidup sehat, smartwatch bahkan bisa membantumu dengan cara menghitung asupan kalori atau jumlah langkah kaki dalam sehari.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, maka tak heran kalau akhir-akhir ini banyak orang, terutama anak muda, yang ingin memiliki smartwatch. Apakah kamu salah satunya?

Jika iya, tentu kamu harus melihat tujuh rekomendasi smartwatch terbaik di tahun 2020 dari DiskonAja ini!

 

Ini Dia Smartwatch Terbaik yang Harus Kamu Miliki Tahun Ini!

  • Apple Watch Series 4

Pilihan Kami
Apple Watch Series 4
  • Prosesor : S4 with 64-bit dual-core
  • Layar Retina LTPO OLED
  • Barometric altimeter
  • Capacity 16 GB
  • Wi-Fi dan Bluetooth

Jika membicarakan smartwatch terbaik, tentu saja kami harus memasukkan Apple Watch Series 4. Bila di tiga seri sebelumnya, Apple mempertahankan desain yang sama, maka lain hal dengan seri terbaru ini.

Apple Watch Series 4 hadir dengan desain baru yang lebih segar dan modern, serta terkesan premium. Dari segi desain, hal yang dipertahankan Apple dari seri sebelumnya adalah bobot jam yang ringan.

Pada seri smartwatch ini, ukuran layarnya dibuat  lebih besar. Kamu bisa memilih antara dua ukuran layar yang tersedia, yaitu 40mm dan 44mm. Kualitas layarnya tentu tetap yang terbaik. Apple Watch Series 4 menggunakan layar OLED yang cerah dan jernih.

Meski desainnya baru, namun kamu tetap dapat menggunakan strap Apple Watch lamamu pada seri ini.

Salah satu fitur unggulan dari Apple Watch Series 4 adalah fitur EKG pada heart rate tracker. Dengan fitur ini, kamu bisa mengecek kondisi jantungmu dan melihat apakah kamu beresiko tinggi terkena atrial fibrilasi.

Selain itu, smartwatch ini juga mampu mendeteksi jika sewaktu-waktu kamu terjatuh cukup keras dan menyediakan opsi untuk menghubungi bantuan darurat. Dengan dua fitur ini, kesehatanmu pun akan lebih terjamin.

Apple Watch Series 4 juga hadir dengan fitur olahraga. Kamu bisa menggunakannya saat sedang berolahraga untuk mendeteksi kecepatan, tempo, dan sebagainya.

Di luar keunggulannya tersebut, kelemahan Apple Watch Series 4 terletak pada kapasitas baterainya. Seri smartwatch ini hadir dengan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar sehingga daya tahannya pun tidak terlalu lama.

  • Samsung Galaxy Watch

Ini Juga Oke
Samsung Galaxy Watch
  • Prosesor : Exynos 9110 Dual Core 1.15 Ghz
  • Water resistant 50 m
  • Always On Display
  • Dapat difungsikan sebagai pendeteksi detak jantung, monitoring waktu istirahat (tidur), GPS, pengukur jumlah kalori

Rasanya tak lengkap jika tidak memasukkan Samsung Galaxy Watch ke dalam daftar smartwatch terbaik tahun 2020 ini. Smartwatch dari Samsung ini cocok dipilih untuk kamu yang suka berolahraga.

Samsung Galaxy Watch hadir dengan fitness tracker puluhan macam olahraga, mulai dari berenang, bersepeda, lari, jalan kaki, treadmill, hiking, pilates, hingga yoga sekalipun. Tracker ini akan mengukur jarak, kalori, serta jumlah langkah yang kamu lakukan.

Tak hanya menyediakan fitur olahraga saja, Samsung Galaxy Watch juga mendukung gaya hidup sehatmu dari segi desain. Smartwatch ini hadir dengan desain sporty dan fashionable, meski sepintas terlihat seperti jam tangan pada umumnya.

Smartwatch ini juga hadir dengan bobot yang ringan sehingga nyaman digunakan. Kamu juga bisa mengganti tali jamnya sesuai style dan karaktermu. Selain itu, jam ini hadir dengan dua ukuran, yaitu 42mm dan 46 mm.

Sejumlah review menyarankan untuk memilih versi yang lebih besar karena terlihat lebih bagus saat digunakan. Versi yang lebih besar ini juga memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan tahan hingga empat hari penggunaan.

Dari segi layar, Samsung Galaxy Watch menggunakan layar sAMOLED sehingga memberikan tampilan yang mengesankan. Di sekitar layar juga terdapat bezel yang bisa diputar untuk menavigasi menu.

  • Xiaomi Amazfit

Boleh Juga
Xiaomi Amazfit
  • Layar : 1.34 Inch, resolusi 320 x 300
  • Prosesor : 2 core 1.2 GHz
  • Memori : RAM 512 MB & flash 4 GB
  • Baterai : 280 mAh
  • Perlindungan IP67 & Bluetooth+ Wi-Fi

Kalau kamu mencari smartwatch dengan harga yang lebih terjangkau, maka Xiaomi Amazfit ini adalah smartwatch terbaik yang bisa kamu pilih. Harganya bahkan tidak sampai satu juta rupiah sehingga dijamin ramah untuk dompetmu.

Meski harganya murah, tapi desainnya tidak murahan. Bahkan, Xiaomi Amazfit mampu memberikan kesan mahal lewat desainnya yang stylish. Bahkan, bisa dibilang, smartwatch ini memiliki body yang cukup kokoh.

Kualitas layarnya pun baik untuk ukuran budget smartwatch. Layar Xiaomi Amazfit hadir dengan tampilan yang cerah dan jernih. Selain itu, smartwatch ini juga hadir dengan beberapa fitur, seperti GPS, Bluetooth, hingga fitness tracker.

Untuk fitur fitness tracker, jumlah aktivitas olahraga yang bisa dilacak memang cukup sedikit. Selain itu, aplikasi yang hadir pada jam ini kebanyakan adalah aplikasi dasar. Tapi, tetap saja, smartwatch ini bisa menunjang sejumlah kegiatan sehari-harimu.

Keunggulan utama dari Xiaomi Amazfit adalah kapasitas baterainya yang sangat besar. Dalam satu kali pengisian daya, Xiaomi Amazfit bisa bertahan tiga hingga lima hari pemakaian.

  • Fitbit Versa

Bagus Juga
Fitbit Versa
  • Activity Trackers
  • Memiliki Fitur Fitnes & Sleep Tracking
  • Tahan air hingga 50 meter
  • GPS yang terhubung
  • Notifikasi panggilan, teks & notikasi smartphone

Kamu yang mencari smartwatch dengan desain yang lebih fun, harus melirik smartwatch yang satu ini. Desain Fitbit Versa memang tidak terlihat premium, namun tetap terlihat segar dan muda. Apalagi, Fitbit Versa juga hadir dengan banyak pilihan tali jam.

Selain itu, Fitbit Versa pun memiliki sport tracking yang berguna untuk kamu yang suka berolahraga. Sayangnya, smartwatch ini tidak memiliki fitur GPS, sehingga kamu harus membawa ponselmu jika ingin melacak jarak saat sedang berlari.

Terlepas dari kekurangannya tersebut, Fitbit Versa hadir dengan berbagai fitur lain seperti tersedianya fitur pelacak kesehatan wanita, monitor detak jantung, serta storage 2,5 GB untuk menyimpan file lagu.

Tak hanya itu, Fitbit Versa juga unggul dari segi baterai. Kapasitas baterai smartwatch ini terbilang besar. Kamu bisa menggunakannya hingga lima hari dalam satu pengisian daya. Hal ini tentunya sangat menghemat waktumu, bukan?

Tentu saja, keunggulannya tak hanya itu. Keunggulan lain dari Fitbit Versa adalah harganya yang terjangkau bila dibandingkan Apple Watch Series 4 atau Samsung Galaxy Watch.

Jadi, kamu yang memiliki budget terjangkau bisa mempertimbangkan untuk memilih jam pintar dari Fitbit ini.

  • TicWatch Pro

Ini Juga Oke
TicWatch Pro
  • Google assistant
  • Processor: Qualcomm Snapdragon W2100, Quad Core
  • 1.4 inches AMOLED Screen
  • Water Resistant
  • 4G ROM + 512M RAM
  • 415mAh Battery

TicWatch Pro adalah smartwatch yang benar-benar menarik. Tidak seperti jam tangan pintar pada umumnya. TicWatch Pro hadir dengan dua lapis layar dalam satu jam tangan.

Lapisan layar pertama adalah layar LCD transparan yang digunakan untuk mode Essential. Pada mode ini, jam tangan hanya fokus pada keperluan fitness saja.

Jadi, jam tangan akan menunjukkan informasi fitness, seperti detak jantung, jumlah langkah kaki dan kalori yang terbakar, serta kecepatan. Selain itu, lapisan layar pertama ini juga akan menunjukkan waktu dan informasi baterai.

Dalam mode Essential, penggunaan baterai akan berjalan lebih efisien. Sehingga, smartwatch akan tahan digunakan hingga 30 hari dalam satu kali pengisian daya.

Sementara, layar pada lapisan kedua menggunakan teknologi AMOLED, sehingga tampilan smartwatch akan lebih cerah. Untuk menggunakan layar ini, kamu harus mengaktifkan mode Smart.

Pada mode Smart, smartwatch akan berjalan dengan basis Wear OS. Jadi, kamu bisa memiliki tampilan jam layaknya smartwatch pada umumnya. Kamu pun bisa mengakses berbagai aplikasi yang tersedia pada smartwatch.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengubah tampilan smartwatch sesuai keinginanmu. Kamu bisa menemukan ribuan pilihan tampilan jam tangan pada Google Play.

Berbeda dengan fitur Essential, fitur Smart membutuhkan daya lebih banyak. Jadi, saat kamu mengaktifkan mode ini, smartwatch hanya mampu bertahan dua hingga tiga hari saja. Namun, jika dipikir-pikir, waktu tersebut sebenarnya sudah cukup lama, bukan?

  • Apple Watch Series 3

Alternatif
Apple Watch Series 3
  • Smart watch
  • 70% kecepatan prosesor
  • 85% wireless performance
  • OS : Watch OS 4
  • Memiliki fitur Barometric Altimeter

Jika Apple Watch Series 4 masih di luar budget-mu, maka tak ada salahnya untuk memilih versi sebelumnya, Apple Watch Series 3. Apalagi, jika dibandingkan dengan saat pertama kali diluncurkan, harga Apple Watch Series 3 sudah jauh berkurang.

Dari segi desain, Apple Watch Series 3 masih mengadaptasi desain Apple Watch generasi sebelumnya. Bobot smartwatch ini ringan dan nyaman saat dipakai, desainnya juga terlihat premium sehingga membuat gayamu terlihat lebih stylish.

Apple juga menyediakan dua pilihan ukuran untukmu, yaitu 38mm dan 42mm. Pilihan warnanya juga cukup beragam sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan karaktermu.

Sama halnya dengan Apple Watch Series 4, Series 3 juga cocok digunakan saat kamu berolahraga. Smartwatch ini memiliki fitness tracker yang akan melacak kegiatanmu saat melakukan berbagai jenis olahraga.

Adanya fitur GPS akan memudahkanmu saat sedang berlari. Lalu, fitur water resistant membuatmu merasa aman saat menggunakan jam ini di tengah hujan.

Lagi-lagi, sama halnya dengan Series 4, Apple Watch Series 3 pun lemah di baterai. Dalam satu kali pengisian daya, jam tangan ini hanya mampu bertahan hingga 18 jam saja. Padahal, smartwatch lain bisa bertahan hingga 2 hari penggunaan.

  • Huawei Watch 2

Alternatif Lainnya
Huawei Watch 2
  • Dimensi : 48.9 x 45 x 12.6 mm
  • Tipe Layar : AMOLED
  • Memori Internal : 4 GB
  • Ram : 768 MB
  • OS : Android Wear OS 2.0
  • Baterai Li-Ion 420 mAh

Huawei juga ikut meramaikan pasar smartwatch dengan Huawei Watch 2. Bahkan, seri ini menjadi salah satu smartwatch terbaik di pasaran saat ini.

Bicara dari segi desain, sepertinya Huawei Watch 2 bisa menjadi juaranya. Huawei Watch 2 memadukan karakter jam tangan tradisional dengan smartwatch, sehingga menghasilkan desain yang unik dan fashionable.

Meski begitu, smartwatch ini memiliki ukuran layar yang kecil dan bezel yang tebal. Sejumlah orang mungkin akan lebih menyukai ukuran layar yang lebih besar dengan bezel tipis.

Di luar itu, Huawei Watch 2 hadir dengan bobot yang ringan. Bahkan, beberapa review mengatakan mereka tetap merasa nyaman meski sudah menggunakan smartwatch ini seharian.

Huawei Watch 2 juga memiliki fitur yang cukup banyak, seperti GPS, koneksi Bluetooth dan fitur NFC yang berguna jika kamu ingin melakukan pembayaran. Tak hanya itu, smartwatch ini juga memiliki pelacak saat kamu sedang berolahraga atau beraktivitas.

Fitur ini dilengkapi dengan berbagai sensor, sehingga smartwatch ini bisa melacak berbagai hal, misalnya saja detak jantung. Bahkan, smartwatch ini juga bisa pelatih  olahraga secara real-time.

Semua fitur yang dimiliki Huawei Watch 2 tersebut juga dilengkapi dengan masa hidup baterai yang cukup lama. Smartwatch ini mampu hidup hingga dua hari setiap kali kamu mengisi dayanya.

Tujuh smartwatch di atas bisa kamu temukan dengan mudah di toko online kepercayaanmu. Jangan lupa, sebelum membeli smartwatch yang kamu mau, kamu bisa ngintip dulu promo terkininya di DiskonAja, ya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *