7 Merk Susu Formula Bayi Terbaik untuk Newborn dan Mitos-Mitos Pemberian Sufor

Naluri setiap orang tua adalah melakukan apa saja untuk melindungi anak mereka dan memberi mereka hal-hal terbaik dalam hidup. Ini adalah naluri yang sudah ada dari awal kehidupan. Bukan rahasia lagi, bahwa cara terbaik untuk memberikan nutrisi bagi bayi adalah dengan menyusui, tetapi bukan berarti ibu yang tak bisa menyusui dan memberi susu formula adalah hal tabu. Namun sebisa mungkin, sebaiknya ibu memilih susu formula bayi yang mendekati ASI.

Ada begitu banyak merk susu formula bayi terbaik di pasaran, dan memilih susu formula bayi yang paling pas memang tidak gampang. Meskipun semua susu formula alias sufor diharuskan untuk memenuhi pedoman nutrisi yang ketat, ada banyak variabel yang membedakan setiap merek. Ada faktor kecocokan, dan tentu saja faktor harga dan yang lainnya.

Tapi tenang saja, kami sudah mengumpulkan berbagai ulasan mengenai merk susu formula terbaik bagi para orang tua baru, untuk menemukan susu formula bayi terbaik yang sangat direkomendasikan di pasar. Mulai dari rekomendasi susu formula untuk bayi baru lahir, hingga ketika bayi sudah menginjak usia 12 bulan.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita bahas dulu beberapa mitos yang salah mengenai susu formula, yang selama ini dipercaya. Ya, tentu saja air susu ibu alias ASI adalah yang terbaik, tetapi itu tidak berarti susu formula itu buruk. Beberapa dari kita perlu memandang dengan lebih bijaksana dan tidak mempercayai begitu saja mitos soal susu formula.

Mitos-mitos Seputar Susu Formula Bayi

“Tak perlu ada keluarga yang merasa bersalah atau malu karena memberi susu formula,” kata ketua American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition Dr. Steven Abrams. “Itu tidak ada gunanya dan tidak konsisten dengan apa yang kita ketahui tentang memberi makan bayi.”

Susu formula bayi telah menjadi ‘penjahat’ di mata masyarakat kita, dan hal itu sebagian besar disebabkan oleh mitos yang menyesatkan. ASI memang makanan bayi yang terbaik, namun susu formula jauh lebih baik daripada apa yang digambarkan oleh banyak media dan pendapat populer. Inilah kesalahpahaman yang harus dihilangkan.

Mitos #1: Bayi yang Diberi Sufor Tak Punya Ikatan dengan Ibu Sekuat Bayi ASI

Meskipun benar bahwa bayi yang disusui ASI menghabiskan banyak waktu mengalami kontak kulit dengan ibu mereka, itu tidak berarti bahwa bayi yang diberi susu formula entah bagaimana kekurangan ikatan dengan orang tua. Ide awalnya muncul dari penelitian lama yang menunjukkan kerusakan jangka panjang pada hubungan ikatan jika seorang anak tidak dipeluk atau disusui dalam beberapa jam pertama kehidupannya.

Sebenarnya, ada banyak waktu bagi ibu dan ayah untuk terikat dengan bayi yang diberi susu formula dari botol. Dan tidak ada alasan mengapa kontak kulit dengan kulit tidak dapat terjadi saat pemberian susu botol. Orang tua hanya perlu bertelanjang dada dan memeluk bayi sambil memberinya susu botol.

Mitos 2#: Susu Formula secara Nutrisi Lebih Rendah dari ASI

Ada perbedaan antara ASI dan susu formula, namun, itu tidak ada hubungannya dengan anak yang mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat. Kandungan protein, energi, vitamin dan mineral formula telah diatur secara ketat sejak 1980-an. Susu formula apa pun yang dijual harus memenuhi persyaratan gizi yang sama untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang tumbuh. Untuk memastikan, mama dan papa bisa memilih susu yang masuk dalam daftar peringkat susu formula terbaik ini.

Namun, ada kekhawatiran tentang bayi yang menerima zat pendukung kekebalan tubuh yang didapatkan dari ASI. Dan ini adalah salah satu alasan utama dokter anak mengatakan bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Jika bayi tak memiliki peningkatan risiko penyakit menular, alergi atau kondisi medis lainnya cukup kecil, maka pemberian susu formula bayi tidak akan menyakitinya.

Mitos 3#: Susu Formula Organik yang Mahal Lebih Mirip dengan ASI

Karena semua formula diatur secara ketat, semua formula harus memenuhi persyaratan nutrisi tertentu. Namun produsen susu formula perlu memberi ‘sentuhan berbeda’ untuk memasarkan produk mereka. Ini telah memunculkan formula organik, bebas-GMO, dan formula yang dilengkapi dengan zat tambahan seperti DHA yang seharusnya meningkatkan otak. Semua perbedaan tentu saja sebanding dengan harganya. Mereka membuat dan mengiklankan susu formula bayi yang mendekati ASI.

“Untuk alasan itu, saya memberi tahu para orang tua ketika memilih formula, biasakan untuk memilih yang termurah,” jelas Abrams. “Beberapa hal yang diiklankan dalam formula bayi, saya pikir tidak memberikan nilai tambah bagi keluarga.”

Namun, Abrams mencatat bahwa ketika orangtua memilih formula yang disukai dan cocok bagi bayi mereka, mereka harus tetap memilih merek tersebut. Pergantian susu formula sering dapat menyebabkan masalah bagi bayi yang sudah merasa nyaman dengan meminum susu formula tertentu.

Mitos #4: Sufor Menyebabkan Obesitas

Mitos ini adalah kebohongan. Ada beberapa bukti yang mengaitkan susu formula dengan risiko obesitas pada anak-anak, tetapi itu bukan karena apa pun yang ada dalam susu formula. Sebaliknya, ini masalah pengasuhan anak. Ternyata orang tua yang memberi susu formula secara berlebihan.

“Beberapa dari ini dapat dibatasi efeknya menjadi berhati-hati tentang pemberian makanan berlebih pada bayi,” kata Abrams. “Bukan karena bayi yang diberi susu formula akan mengalami obesitas.”

Apakah ada kekhawatiran? Tentu, Tapi banyak dari kekhawatiran itu dapat dikurangi dengan praktik pemberian makan yang hati-hati oleh orang tua dan pengawasan ketat dari dokter anak.

Mitos #5: Memberi Susu Formula Adalah Ide Buruk

Ada saat-saat di mana pemberian susu formula penting. Kadang-kadang, seorang ibu tidak bisa menghasilkan cukup ASI untuk bayi. Di waktu lain mungkin ada masalah kesehatan seputar penyakit menular seperti HIV. 

Beberapa wanita tidak dapat menyusui atau merasa terlalu sulit karena operasi, puting susu terbalik, rasa sakit atau masalah sosial yang membuat menyusui atau memompa sulit. Pada saat-saat tersebut, susu formula akan menjadi penolong yang justru menyelamatkan bayi. Pengalaman bayi tanpa ASI pun tak selalu buruk, dan kebutuhan gizinya bisa terpenuhi sama seperti ketika ia minum ASI. Karena itulah, bayi minum susu formula sejak lahir juga bisa tumbuh dan berkembang sebaik bayi dengan ASI eksklusif.

Ketika akan memberikan susu formula untuk pertama kali setelah bayi lahir, orang tua perlu memperhatikan rekomendasi susu formula untuk bayi baru lahir. Namun jika susu formula hanya merupakan tambahan ketika bayi sudah berusia beberapa bulan, yang diberikan berbarengan dengan pemberian ASI, maka perlu diperhatikan juga usia bayi. Simak peringkat susu formula terbaik 0-6 bulan, dan juga peringkat susu formula terbaik 6-12 bulan. 

Jika memang anak sudah berusia satu tahun, pastikan mama dan papa memberikan susu formula terbaik untuk anak 1 tahun. Atau jika memang ingin memberikan susu formula untuk anak-anak di atas satu tahun, selalu cek susu formula terbaik untuk balita 1-3 tahun.

 

Berikut ini peringkat susu formula terbaik dari merek susu formula yang bagus, yang bisa mama dan papa berikan kepada bayi sesuai usianya:

  • Nutricia Bebelove 1 

Pilihan Kami
Nutricia Bebelove 1
  • Membantu kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan imunitas tubuh, pertumbuhan tulang, dan gigi
  • Mencegah masalah anemia dan bebas gula pasir yang bisa mengakibatkan obesitas
  • 800 gr

Susu Bebelove adalah produk keluaran produsen yang sama dengan Bebelac, Nutricia. Merek ini sudah sangat lama bergerak dalam bidang susu bayi, dan menjadi salah satu rekomendasi susu formula untuk bayi baru lahir. 

Perbedaan dari susu Bebelove dengan Bebelac adalah, susu Bebelac diperuntukkan untuk anak usia satu tahun ke atas, sementara Bebelove 1 untuk bayi usia 0-6 bulan, dan Bebelove 2 untuk bayi usia 6-12 bulan. Susu formula bayi ini masuk dalam peringkat susu formula terbaik 0-6 bulan, dan juga peringkat susu formula terbaik 6-12 bulan. 

Bebelove 1 juga merupakan salah satu merk susu formula bayi terbaik dengan kandungan lengkap, dan harganya pun terjangkau. Sufor ini mengandung minyak nabati, whey protein yang telah di demineralisasi, susu skim bubuk, konsentrat whey protein, galakto oligosakarida, 11 mineral frukto oligosakarida, minyak sel tunggal (AA), 13 vitamin, kolin klorida, minyak ikan yang mengandung DHA, mio inositol, taurine, L-sistein, L-karnitin.

Kandungan Bebelove 1 yang menunjang tumbuh kembang bayi adalah prebiotik FOS yang berperan untuk kesehatan pencernaan, kandungan kalsium untukpertumbuhan tulang dan gigi bayi, dan zat besi untuk mencegah anemia. Kelebihan lain dari Bebelove 1 yakni sufor ini bebas gula pasir yang dapat memicu obesitas dalam tumbuh kembang bayi. Rasanya plain, mirip dengan ASI seperti yang akan disukai bayi.

Susu Bebelove sering digunakan sebagai susu pendamping ASI. Ada tiga macam produk susu Bebelove, yakni Bebelove 1, Bebelove 2, dan Bebelove FL. Susu Bebelove 1 diperuntukan bagi bayi usia 0-6 bulan. Susu Bebelove 2 diperuntukan bagi bayi usia 6-12 bulan, sedangkan Bebelove FL (Free Lactose) diperuntukan untuk bayi berusia 0-12 bulan dengan kebutuhan medis khusus dan penggunaannya harus dengan rekomendasi dokter.

Kementerian Kesehatan Indonesia sudah menyatakan Bebelac 1 (yang kemudian berganti nama menjadi Bebelove 1) bebas bakteri Enterobacter sakazakii. Bakteri ini menjadi penyebab berbagai macam infeksi pada bayi baru lahir, seperti infeksi saluran pernapasan bagian bawah, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran kemih, infeksi dalam perut, radang jantung, radang sendi, dan sebagainya. Dengan adanya pernyataan Kemenkes tersebut, aman bagi mama dan papa untuk memberikan susu Bebelove 1 ini pada si kecil. 

Susu Bebelove 1 hadir dalam kemasan 400 gram, 800 gram, dan 1.800 gram. Mama dan papa bisa belanja online gratis ongkir untuk membeli susu Bebelove 1 di beberapa e-commerce, seperti Blibli.com (selalu gratis ongkir tanpa perlu kode voucher) atau Shopee (dengan menggunakan voucher gratis ongkir).

  • Abott Similac Advance 1

Ini Juga Oke
Abott Similac Advance 1
  • Mengandung AA & ALA, Kalsium, Zat Besi, Vitamin, dan Mineral Bayi
  • Dapat menerima nutrisi yang lebih dan bermanfaat bagi tubuhnya
  • 400 gr

Susu formula yang masuk dalam daftar peringkat susu formula terbaik 0-6 bulan ini mengandung asam lemak esensial DHA yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan tubuh dan kecerdasan otak bayi. Tak hanya itu, Similac Advance 1 juga diklaim sebagai susu formula bayi yang mendekati ASI, terutama dari kandungan nutrisinya. 

Abott Similac Advance 1 mengandung AA dan ALA, kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral sehingga bayi mama dan papa akan mendapat nutrisi yang akan merangsang pertumbungan otak dan tubuhnya dengan baik. 

Kelebihan dari Similac Advance, selain dianggap susu formula bayi yang mendekati ASI dari sisi rasa dan kandungan, juga rendah gula dan kandungan gizinya lengkap. Kekurangannya adalah harganya termasuk yang paling mahal di kelasnya, dan hanya tersedia dua ukuran yakni kaleng 400 gram dan 850 gram.

Similac Advance 1 sudah dinyatakan bebas bakteri Enterobacter sakazakii oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, sehingga aman dikonsumsi bayi newborn.

  • Arla Baby & Me Organic

Boleh Juga
Arla Baby & Me Organic
  • Omega 3 dan Omega 6 Organik, serta AA DHA
  • Mengandung 15 Vitamin dan 12 Mineral 
  • Tanpa gula tambahan
  • 360 gr

Arla Baby & Me Organic merupakan produk dari Arla Foods, yang merupakan  susu formula organik untuk menunjang pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan. Arla Baby & Me Organic juga memiliki produk susu lanjutannya untuk usia 6-12 bulan. 

Lalu apa bedanya susu formula organik dan non-organik? Menurut studi yang diterbitkan di British Journal Of Nutrition, bedanya terletak pada adanya kandungan bahan kimia di dalam produk susu tersebut. Susu formula organik dihasilkan dari sapi organik.

Apa itu sapi organik? Yakni sapi yang hanya memakan rumput dan biji-bijian organik. Sapi organik yang diternak di peternakan khusus Arla tidak terpapar atau diberi makan dengan pakan yang mengandung bahan-bahan kimia. Selain itu, sapi-sapi ini hidup layaknya sapi alam bebas. Hal ini dapat membuat hewan ternak ternak ini cenderung tidak stres, sehingga menghasilkan susu yang berkualitas.

Susu Arla Baby & Me Organic ini menawarkan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, yakni Omega 3 dan Omega 6 Organik, juga AA dan DHA. Susu formula bayi baru lahir ini juga mengandung FOS (frukto oligosakarida) dan GOS (galakto oligosakarida) organik juga 15 vitamin dan 12 mineral.

Kelebihan dari Arla Baby & Me Organic adalah susu formula ini minim bahan kimia dan lebih natural (dengan sertifikat organik dari Eropa dan Indonesia). Selain itu, susu formula organik ini tanpa gula yang menyebabkan karies gigi dan obesitas, dan kandungan gizinya pun tak kalah lengkap dengan susu formula lain yang populer di Tanah Air. Kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal dan hanya tersedia kemasan karton 360 gram dan 720 gram.

  • Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

Bagus Juga
Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1
  • Pengganti ASI dengan rasa plain
  • Kandungan vitamin A, D, E, kalsuim, fosfor, magnesuim, zat besi serta nutrisi penting lainnya sangat baik untuk si kecil
  • 400 gr

Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1 adalah susu formula untuk bayi baru lahir hingga enam bulan, dengan formula khusus MultiExcel untuk tumbuh kembang otak yang maksimal. Beberapa menyebutkan susu ini termasuk susu dengan rasa susu formula bayi yang mendekati ASI, karena rasanya tawar, tidak manis.

Kelebihan dari S-26 Promil Gold 1 adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Protein di dalamnya memiliki kadar whey alias alfa laktalbumin 40% (dibandingkan susu formula lain yang rata-rata hanya 18%), dan merupakan protein yg mudah dicerna tubuh.

Kekurangan dari Wyeth S-26 Promil Gold 1 adalah susu formula ini hanya tersedia dalam kemasan kaleng, tidak ada kemasan kotak yang ekonomis. Susu formula S-26 reguler ada kemasan kotak, namun tipe ini tidak memiliki kandungan komposisi DHA seperti S-26 Promil Gold.

Kemenkes sudah menyatakan Wyeth S-26 Promil Gold bebas bakteri Enterobacter sakazakii, bakteri penyebab radang yang sering menyerang bayi baru lahir, bayi dengan berat lahir rendah, atau bayi prematur.

  • Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1

Boleh Juga
Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1
  • Kandungan Kalsium yang ada dalam susu ini juga akan memberikan nutrisi untuk pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatannya
  • Dilengkapi dengan kebutuhan nutrisi terbaik si kecil
  • 400 gr

Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1 atau dikenal juga dengan Nutrilon Royal 1 diformulasikan untuk kesehatan pencernaan bayi usia 0-6 bulan. Dengan demikian, bayi diharapkan tidak akan diare atau sembelit ketika mengkonsumsi susu formula ini. 

Dengan kandungan gizi yang lengkap, Nutribaby Royal 1 akan memberi bayi asupan Omega 3 dan 6, AA dan DHA, laktosa, prebiotik, 18 Vitamin dan mineral yang baik bagi pertumbuhan serta perlindungan kesehatan pencernaan bayi karena mudah dicerna. Jadi, jika mama dan papa mencari susu formula yang memperlancar BAB, boleh mencoba memberi bayi susu ini.

Tak hanya kesehatan pencernaan, Nutribaby Royal 1 akan melindungi anak dari sakit. Susu ini dilengkapi kandungan nukleotifa dan antioksidan yang tinggi untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh bayi. Dengan adanya formula Acti Duobio yang memberi asupan maksimal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Zat pembangun di dalamnya mengandung unsur pembentukan struktur tulang, otot dan gigi bayi, serta meningkatkan aktivitas sel pembunuh kuman yang ada di dalam tubuh bayi.

  • Nestle Lactogen 1 Gold

Pilihan Lain
Nestle Lactogen 1 Gold
  • Diperkaya 12 vitamin dan 11 mineral serta kandungan protein
  • Membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh
  • 750 gr

Susu formula bayi Nestle Lactogen 1 Gold cukup populer di kalangan orang tua, karena memiliki nutrisi yang lengkap, mulai dari probiotik, asam lemak esensial LA dan ALA, prebiotik FOS dan GOS, zat besi, serta 12 vitamin dan 11 mineral yang semuanya penting untuk tumbuh kembang bayi. 

Kandungan lengkap dari Nestle Lactogen 1 Gold akan membantu perkembangan otot, otak dan tulang bayi, dan membantu mereka tumbuh lebih sehat dan cerdas. Tak hanya memiliki kandungan LA dan ALA yang merupakan sumber asam lemak essensial, susu formula bayi ini juga dilengkapi DHA untuk perkembangan otak si kecil. Di dalamnya juga ada kandungan zat besi yang mencegah anemia karena kekurangan zat besi pada bayi.

Nestle Lactogen 1 adalah salah satu susu formula bayi yang sudah dinyatakan bebas bakteri Enterobacter sakazakii oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

  • Nestle NAN PH Pro 1

Pilihan Lainnya
Nestle NAN PH Pro 1
  • Diformulasikan dengan kandungan OPTIPRO HA Protein hypoallergenic, Bifidobacterium Lactis, dan DHA
  • Memberikan asupan penting bagi tubuh anak
  • Berat bersih : 400 g

Untuk bayi yang sering alergi dan tidak bisa full ASI, Nestle memberikan solusi berupa susu formula NAN PH Pro 1 yang diformulasikan untuk bayi alergi. NAN PH Pro 1 diklaim mampu mengurangi risiko terjadinya alergi pada bayi, dengan adanya kandungan protein yang bersifat hipoalergenik. 

Susu formula untuk bayi alergi ini juga tak kalah kandungan nutrisinya dengan susu formula pada umumnya. NAN PH Pro 1 diperkaya DHA yang memegang peran penting dalam pembentukan otak, retina mata dan sistem saraf pusat. DHA dapat membantu perkembangan kemampuan motorik serta meningkatkan fokus selama masa tumbuh kembang bayi. 

Itulah sedikit informasi mengenai mitos-mitos pemberian sufor kepada bayi, dan beberapa rekomendasi merk susu formula bayi terbaik. Juga disebutkan beberapa susu formula bayi yang mendekati ASI yang diharapkan dapat membantu mama dan papa menemukan susu paling ideal untuk si buah hati.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *