5 Susu Penambah Berat Badan Anak dan Bayi: Solusi Bayi BB Lahir Rendah dan Prematur

Jika bayi sudah menyusu ASI namun mengalami kenaikan berat badan sangat sedikit, tidak bertambah, atau kehilangan berat badan karena tidak mendapat ASI yang cukup, prioritas pertama adalah memastikan bayi mendapat lebih banyak ASI. Ada beberapa cara untuk meningkatkan suplai ASI ibu, namun ini membutuhkan waktu dan bayi mungkin membutuhkan lebih banyak ASI segera. Mungkin bayi perlu mengkonsumsi susu penambah berat badan.

Kadang-kadang orang tua enggan menambah susu formula bayi dalam jumlah besar jika hal ini merusak pemberian ASI, tetapi jika secara medis dokter menyatakan bayi mama dan papa memerlukan kalori tambaha, bukan berarti si kecil harus berhenti menyusu ASI. Ada banyak merek susu penambah berat badan yang bagus untuk dijadikan sebagai pendamping ASI.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan orang tua jika mendapati bayi kurang berat badan, atau jika bayi lahir dengan berat badan rendah atau jika lahir premature:

Memutus siklus berat badan rendah pada bayi

Ketika bayi sangat kurus, dia bisa menjadi terlalu lemah untuk menyusui. Ini berarti dia tidak dapat “menyedot” atau menstimulasi suplai susu ibunya dengan benar. Produksi susu melambat untuk memenuhi permintaan yang lemah ini, yang menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih rendah dan seterusnya. Hal ini akan membentuk siklus berat rendah, energi rendah, dan produksi ASI rendah. Memutuskan siklus ini mencakup memeriksa kesehatan bayi, memulihkan status gizi bayi dan memaksimalkan suplai ASI ibu. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan. Singkirkan semua masalah kesehatan dengan dokter anak untuk memastikan apakah asupan ASI rendah adalah satu-satunya penyebab kenaikan berat badan yang buruk. Selalu konsultasi dengan dokter bayi mama dan papa, sehingga mereka dapat memantau pemulihan berat badan bayi.
  2. Berikan lebih banyak susu. Jika berat badan bayi jauh di bawah berat badan ideal pada tabel kenaikan berat badan bayi, mereka akan membutuhkan kalori ekstra segera untuk melindungi kesehatannya, menambah berat badan, dan memiliki lebih banyak energi untuk menyusui. Walaupun tidak selalu, jika bayi membutuhkan susu formula bayi atau susu penambah berat badan bayi, maka dokter dapat memberikan rekomendasi demikian berdasarkan pemantauan dan hasil pemeriksaan yang dilakukan.
  3. Maksimalkan suplai ASI. Walaupun susu formula penambah berat badan bayi mungkin dibutuhkan jangka pendek, menyusui dapat terus dilakukan dengan meningkatkan volume ASI sesegera mungkin. Dengan persediaan ASI yang lebih banyak, bayi akan didorong untuk menyusu dengan lebih mudah. Mama bisa mengupayakan pasokan ASI dengan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi serta makanan dan minuman penambah ASI, serta rajin memompa ASI untuk merangsang produksi air susu.

Jika memang dokter menyatakan perlunya kalori tambahan bagi bayi dengan mengkonsumsi susu formula, berikut ini beberapa rekomendasi susu penambah berat badan bayi 0-6 bulan dan susu penambah berat badan bayi 6-12 bulan. Simak juga beberapa review susu penambah berat badan anak yang dijabarkan di sini:

 

Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi dan Anak

  • Similac Neosure (Usia 0-12 Bulan)

Pilihan Kami
Similac Neosure (Usia 0-12 Bulan)
  • Mengandung AA & DHA, Protein, Natrium, Kalsium, Vitamin, dan Mineral
  • Terdapat Kolin untuk pembentukkan membran sel
  • 370 gr

Susu penambah berat badan bayi Similac Neosure dari Abbott disarankan oleh sebagian dokter anak karena dilengkapi dengan DHA, AA dan Nukleotida, 12 vitamin dan 11 mineral yang membantu bayi menambah berat badan secara optimal.

Similac Neosure adalah susu formula yang dikhususkan untuk bayi dengan kebutuhan khusus, bobot badan rendah, atau atau bayi yang lahir prematur. Similac Neosure merupakan susu penambah berat badan bayi 0-12 bulan, sehingga bayi tak perlu berganti susu terlalu sering (dan kembali menyesuaikan diri dengan susu yang baru) setidaknya hingga usia setahun jika memang berat badannya belum menyentuh titik normal.

Susu formula penambah berat badan bayi ini akan memberikan peningkatan asupan protein, energi, vitamin, dan mineral bagi bayi dibandingkan dengan susu formula bayi biasa. Selain itu, bayi akan mendapatkan kalori ekstra untuk pertumbuhan, juga kalsium dan fosfor untuk pertumbuhan tulang bayi.

Susu Similac Neosure diformulasikan untuk mendukung penambahan berat badan, panjang, dan lingkar kepala yang lebih baik untuk bayi prematur dan bayi dengan berat badan kurang jika dibandingkan dengan susu formula bayi biasa. Selain itu, kandungan MCT 25% dalam susu ini membuat Similac Neosure lebih mudah dicerna dan diserap sebagai sumber energi bayi. Susu ini juga memiliki kandungan OptiGRO® untuk mendukung perkembangan otak dan mata bayi.

Di antara banyak kelebihannya, kekurangan susu Similac Neosure ini adalah harga susu penambah berat badan anak ini cukup mahal dan hanya tersedia satu ukuran kemasan, yakni ukuran kaleng 370 gram saja.

  • Pediasure Complete Triplesure (Usia 1-10 Tahun)

Boleh Juga
Pediasure Complete Triplesure
  • Sinbiotik, MCT, Omega 6 & Omega 3
  • Untuk anak usia 1-10 tahun
  • Mengandung nutrisi makro (protein, lemak dan karbohidrat) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral)
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan anak
  • 400 gr

Satu lagi susu penambah berat badan bayi dari Abbot, yakni Pediasure Complete Triplesure. Selama bertahun-tahun, sudah banyak orang tua yang mengandalkan Pediasure untuk membantu menambah berat badan anak dan bayi. Memang merek susu penambah berat badan anak ini telah banyak dipercaya dan dibuktikan. Pediasure Complete Triplesure dapat diberikan untuk bayi dan anak usia 1-10 tahun.

Pediasure Complete Triplesure memang diformulasikan untuk anak yang sudah mulai makan, namun sulit makan atau suka pilih-pilih makanan sehingga asupan kalori dan gizinya kurang. Pediasure bisa dianggap sebagai lanjutan dari Similac Neosure jika masalah berat badan kurang pada bayi berlanjut hingga usianya mencapai satu tahun. Konsumsi susu formula ini diharapkan mampu membantu tumbuh kembang anak dengan maksimal.

Menurut banyak pengalaman minum susu Pediasure yang ditulis beberapa orang tua, konsumsi susu Pediasure Complete Triplesure membuat anak mereka makan lebih lahap dan memicu naiknya berat badan. Formula dan kandungan gizi dari Pediasure memang lebih kaya dan kompleks.

Menurut review Pediasure dari para orang tua, anak-anak mereka mengalami kenaikan nafsu makan setelah konsumsi susu, yang membuat berat badannya naik karena mereka makan lebih banyak, ditambah lagi dengan konsumsi susu Pediasure ini. Beberapa orang tua menyatakan anak mereka menjadi lebih getol minum susu walaupun makan dalam porsi biasa, sehingga tubuhnya tetap jadi lebih gemuk dan berisi.

Menelaah pengalaman minum susu Pediasure dari beberapa anak, sebagian orang tua memperkenalkan susu Pediasure dengan cara mencampurnya dengan susu formula bayi yang biasa dikonsumsi. Jika cocok dan tidak mengalami diare atau sembelit, boleh saja mencoba dengan cara ini juga.

Rahasia keberhasilan penambahan berat badan dengan konsumsi susu Pediasure ada pada kandungan dari susu ini. Pediasure mengandung mikronutrien (12 vitamin dan 7 mineral) dan dan makronutrien (protein, lemak dan karbohidrat) seimbang yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan. Susu penambah berat badan bayi ini juga mengandung Asam Linolenat dan Asam Linoleat sebagai asam lemak esensial.

Susu Pediasure yang mengandung tiga jenis minyak nabati juga merupakan sumber protein yang membantu membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, juga sumber itamin A, C, dan E serta mineral zinc dan selenium.

Pediasure hadir dalam rasa vanila, madu dan cokelat dalam kemasan kotak 200 gram, kaleng 400 gram dan kaleng 850 gram. Mama dan papa bisa belanja online gratis ongkir untuk produk susu Pediasure di beberapa e-commerce seperti Blibli (selalu gratis ongkos kirim), Shopee (memerlukan voucher gratis ongkir), atau Tokopedia (memerlukan voucher gratis ongkir).

  • SGM BBLR Presinutri (Usia 0-12 Bulan)

Bagus Juga
SGM BBLR Presinutri
  • Diformulasikan untuk menambah berat badan bayi hingga normal, mengoptimalkan fungsi otak, membantu sistem syaraf dan retina bayi, serta tidak memberatkan sistem pencernaan bayi
  • 200 gr

Susu penambah berat badan bayi SGM BBLR Presinutri diformulasikan khusus untuk bayi dengan berat badan lahir rendah atau bayi prematur dengan kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi. Dengan adanya kandungan protein, mineral, dan vitamin tinggi, SGM BBLR Presinutri diharapkan akan mampu menambah massa otot dan membantu memacu tumbuh kembang bayi.

Tak hanya itu, SGM BBLR Presinutri juga mengandung nutrisi yang penting untuk mengoptimalkan fungsi dan kerja otak, serta mengembangkan dan mempertajam sistem syaraf dan retina. Mama dan papa juga tak perlu khawatir soal pencernaan bayi, karena formulanya aman untuk pencernaan sehingga risiko diare dan sembelit pada bayi yang minum susu ini rendah.

Susu penambah berat badan bayi prematur ini diformulasikan untuk bayi usia 0-12 bulan, yang merupakan alternatif murah dari susu Similac Neosure yang impor. SGM BBLR Presinutri memang produksi dalam negeri, yakni diproduksi oleh Sari Husada. 

Walaupun produksi lokal, kualitas susu SGM BBLR Presinutri tetap terjamin. Menurut review dari orang tua yang memberikan susu Similac Neosure bergantian dengan susu SGM BBLR Presinutri kepada bayinya, efek penambahan berat badan dari pemberian susu tersebut sama. Bayi pun sama-sama menyukai rasa kedua susu tersebut, sehingga mama dan papa tak perlu ragu jika ingin mencoba.

  • Bebelac 3 (Usia 1-3 tahun) 

Bagus Juga
Bebelac 3
  • Dibuat dengan komposisi khusus Prebiotik FOS & GOS
  • Dilengkapi dengan 12 Vitamin dan 9 Mineral
  • Dilengkapi juga dengan Minyak Ikan yang mengandung Asam Alfa Linolenat
  • 1800 gr

Susu Bebelac adalah susu formula bayi yang sudah banyak dipercaya dan digunakan secara luas di Indonesia. Banyak bayi dan balita yang cocok dengan susu Bebelac, dan dengan rasanya yang tidak terlalu manis dan tidak hambar. Bebelac ini diakui sebagai salah satu merk susu formula bayi terbaik. Walaupun tidak khusus sebagai susu penambah berat badan bayi, Bebelac bisa menjadi alternatif bagi bayi yang hanya sedikit kekurangan berat badan dan belum bisa mendapatkan lebih banyak ASI, atau juga sebagai susu tambahan untuk bayi yang baru lepas ASI.

Bebelac juga memiliki kandungan gizi yang bagus, walaupun harganya tidak mahal namun tak juga murah. Susu formula bayi ini memang terjangkau dari sisi harga, namun nilai nutrisinya tak kalah dengan berbagai merek susu formula bayi terbaik yang lebih mahal atau yang impor. 

Kandungan gizi susu Bebelac amat lengkap, dengan tambahan Minyak Ikan (0,26%) dan mengandung Asam α-linolenat (Omega 3) 107 miligram per saji dan Asam linoleat (Omega 6) 1205 miligram per saji. Bebelac juga mengandung FOS: GOS 1:9 untuk memelihara saluran cerna, belum lagi adanya kandungan 13 Vitamin dan 9 Mineral. Kandungan Zat besi, zinc, kalsium dan DHA Bebelac juga tinggi. Ini menjadi alasan mengaba susu Bebelac masuk dalam peringkat susu formula terbaik.

Menurut review, susu pertumbuhan Bebelac juga banyak diandalkan orang tua untuk anak yang cenderung susah makan. Tak hanya itu, merek sufor ini juga pada sebagian anak tak menyebabkan sembelit atau masalah pencernaan.

Susu Bebelac sendiri hadir dalam beberapa varian, yakni Bebelac 3 (untuk anak usia 1-3 tahun) dan Bebelac 4 (untuk anak usia 4-6 tahun). Bebelac hadir dalam varian rasa vanila dan madu.

  • Nutricia Nutrinidrink Powder

Pilihan Lainnya
Nutricia Nutrinidrink Powder
  • Makanan untuk kontrol diet pada anak beresiko gizi kurang
  • Berbahan dasar susu sapi yang bergizi dan mengandung energy 1,5 kkal/ml, protein, 12 vitamin dan 10 mineral
  • Untuk anak usia 1-12 tahun
  • Diformulasikan dengan Maltodekstrin, Protein susu kasein, Asam Linoleat dan Asam Alpha Linolenat, Bebas laktosa
  • 400g

Nutricia Nutrinidrink Powder adalah susu formula untuk penambah berat badan bayi dengan nutrisi yang padat, yang berguna untuk mengatur pola makan pada anak dengan resiko gizi kurang. Susu penambah berat badan ini diformulasikan untuk membantu anak dan bayi mencapai berat badan ideal sesuai dengan tabel kenaikan berat badan bayi. Susu penambah berat badan ini cocok dikomsumsi anak usia satu hingga 12 tahun.

Menurut review, Nutrinidrink sukses mendorong kenaikan berat badan bayi dan balita jika diberikan secara rutin. Orang tua mengatakan bahwa berat badan anak mereka naik setelah rutin mengkonsumsi Nutrinidrink. Laju kenaikan berat badan anak bervariasi, ada yang lambat tapi ada juga yang cepat dan akhirnya bisa sesuai dengan tabel berat badan anak di KMS.

Ada juga orang tua yang mengulas susu Nutrinidrink cocok diberikan kepada anak saat mereka sakit. Setelah diberikan susu ini, penyembuhan anak jadi lebih cepat dan tubuhnya pun tidak lemas atau loyo walaupun sedang sakit.

Susu Nutrinidrink selain dalam bentuk bubuk di kemasan kaleng tersedia juga dalam kemasan botol sekali minum, bentuknya cair. Bisa dibilang ini seperti susu UHT penambah berat badan anak, karena kemasan botol ini praktis untuk dibawa bepergian, karena anak tinggal minum saja tanpa perlu diramu dahulu. Kekurangan dari susu Nutrinidrink ini adalah harganya tak murah dan hanya tersedia di merchant tertentu saja.

Itulah beberapa rekomendasi susu formula penambah berat badan bayi, yang diharapkan mampu memberi tambahan nutrisi dan zat gizi penting yang akan mendorong penambahan bobot si kecil. Semoga dengan meminum salah satunya, si kecil jadi cepat gemuk dan sehat ya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *