7 Gendongan Bayi Hipseat dan Soft Structure Terbaik Menurut Review

Ada ratusan merek dan jenis gendongan bayi hipseat ataupun non-hipseat yang bisa mama dan papa pilih saat ini. Tiap tahunnya bentuk gendongan bayi makin canggih saja. Beberapa gendongan bayi terbaik dibuat oleh perusahaan-perusahaan ternama, seperti Ergobaby, LILLE Baby, Boba, dan Baby Bjorn. Namun banyak juga gendongan bayi tiruan dengan kontrol kualitas yang buruk dan kadang-kadang memiliki desain atau fitur yang berbahaya. 

Dengan banyaknya pilihan gendongan bayi di pasaran, mama dan papa mungkin agak kesulitan untuk menentukan mana yang terbaik si kecil. Salah satu pilihan gendongan bayi terbaik untuk bayi mama dan papa adalah hipseat carrier atau gendongan bayi hipseat dan tipe babywearing

Mengapa gendongan bayi hipseat dan babywearing? Karena gendongan tipe ini terbukti jauh lebih bermanfaat bagi bayi daripada kereta bayi, serta meningkatkan perkembangan mental. Penelitian menunjukkan bahwa kereta bayi memiliki risiko bahaya lebih besar daripada hipseat carrier.

Salah satu manfaat gendongan bayi babywearing adalah baby carrier jenis ini membantu perkembangan bayi, baik secara fisik maupun emosional. Ini termasuk mendorong pengembangan bahasa sejak dini, sehingga anak lebih pandai bicara dan kaya kosakata. 

Tak hanya itu, tahukah mama dan papa bahwa bayi yang digendong pada umumnya lebih tenang? Hal ini karena kebutuhan dasarnya untuk dipeluk dan disayang terpenuhi. Menggendong bayi dengan gendongan bayi hipseat atau model babywearing membantu  perkembangan saraf, kesehatan pernapasan dan pencernaan, dan keseimbangan.

 

Untuk mengetahui mana gendongan bayi terbaik, kami mengumpulkan review gendongan bayi yang sudah dibuktikan kualitasnya oleh para orang tua.

  • Ergobaby 360 All-Position Baby Carrier

Pilihan Kami
Ergobaby 360 All-Position Baby Carrier
  • Memiliki 4 posisi gendong
  • Terbuat dari material berkualitas, adem & kuat
  • Kap yang dapat disesuaikan
  • Ideal untuk dibawa ketika bepergian

Gendongan bayi Ergobaby 360 menjadi favorit banyak orang tua. Beberapa gendongan bayi strukturnya kaku dan kurang nyaman, namun gendongan bayi Ergobaby menggunakan struktur yang lebih lembut.

Ergobaby 360 memberikan dukungan yang lebih baik untuk tulang belakang bayi yang berbentuk C. Kaki bayi pun ditopang dengan lebih baik. Strukturnya yang menopang berat badan bayi juga nyaman untuk mama dan papa yang menggendongnya.

Ergobaby 360 adalah gendongan bayi ringan yang cocok dari bayi baru lahir hingga 36 bulan, yang mampu menggendong anak dengan berat hingga 20 kilogram. Gendongan hipseat ini terlihat jauh lebih modern daripada gendongan kanvas Ergobaby yang biasa. 

Baby carrier ini dapat dipakai di empat posisi pembawa yang berbeda: menghadap ke orang tua, menghadap ke depan, dipakai di pinggul dan punggung, menjadikannya ideal dari bayi yang baru lahir sampai si kecil sudah cukup besar.

Struktur Ergobaby 360 yang lembut tidak hanya nyaman untuk bayi. Tali bahu yang empuk menawarkan kenyamanan bagi pemakainya, sementara sabuk pinggang lebar terpasang dengan nyaman dan menyebarkan berat bayi secara merata di pinggul.

Ikat pinggang gendongan bayi hipseat ini dapat dikencangkan atau dilonggarkan dengan satu tangan. Selain itu, tali didukung dengan gesper plastik dan tali yang dapat disesuaikan yang berada di antara bahu penggendong. 

Menurut review Ergobaby 360, para orang tua juga menyukai betapa mudahnya menyesuaikan lebar panel depan. Sebagian besar gendongan bayi terstruktur menggunakan velcro atau ritsleting untuk mengubah lebar panel ini, tetapi Ergobaby 360 menggunakan sistem kait dan tombol yang sederhana. 

Gendongan bayi ini menyediakan banyak variasi ukuran, tetapi karena panelnya sangat lembut, ini tidak menimbulkan masalah.

Ergobaby 360 juga telah dinyatakan keamanannya oleh International Hip Dysplasia Institute.

Kekurangannya adalah, tali pengikat pada Ergobaby 360 tidak tak cukup menahan beban bayi yang lebih besar dan lebih berat, menurut review.

  • Boba 4G Baby Carrier

Ini Juga Oke
Boba Carrier 4G
  • Dapat digunakan newborn (min 3 kg) s/d balita (mak 20 kg)
  • Dilengkapi dengan foot strap, infant insert, hood, purse strap, adjustable

Boba 4G adalah gendongan bayi serbaguna dan berstruktur lunak yang dapat digunakan untuk bayi baru lahir hingga berat 20 kilogram. Ada dua posisi Boba 4G, yakni gendong menghadap ke depan atau gendong di belakang. Plus, gendongan bayi ini hadir dengan sejumlah aksesoris, termasuk insert bayi, tudung yang dapat dilepas, dan tali kaki.

Boba 4G dirancang untuk memungkinkan bayi bersantai dalam posisi duduk katak alami, yang mendorong perkembangan pinggul normal. Boba 4G telah disertifikasi sebagai gendongan yang aman oleh International Hip Dysplasia Institute dan mematuhi semua standar keselamatan. 

Gendongan bayi ini juga dilengkapi dengan tali kaki yang dapat dilepas yang dapat menawarkan bayi mama dan papa dukungan tambahan dan mendorong posisi yang lebih sehat.

Menurut review, Boba 4G adalah gendongan bayi yang akan memastikan bayi aman dan nyaman. Gendongan ini terbuat dari katun 100 persen sehingga tidak akan mengiritasi kulit si kecil, ditambah lagi ia memiliki bantal kecil yang empuk untuk diduduki bayi. 

Masih menurut review, Boba 4G membuat bayi dan anak mampu menggerakkan lengan, kaki bagian atas dan kepala mereka dengan bebas. Dan tidak ada kekhawatiran dari orang tua bahwa anak mereka kepanasan dalam gendongan ini.

Saat menggunakan Boba 4G, sebagian besar orang tua setuju bahwa tali bahu Boba ini empuk dan nyaman untuk mereka. Hal yang sama berlaku dengan sabuk pinggang, yang menurut review membantu mendistribusikan berat bayi secara merata. 

Sebagian besar pengguna Boba 4G menemukan bahwa gendongan ini sangat baik dalam mendistribusikan berat di bahu mereka. Secara keseluruhan, para orang tua merasa cukup nyaman saat mengenakan Boba 4G. 

Secara keseluruhan, kelebihan Boba 4G adalah desainnya ergonomis untuk bayi, kedalaman baby seat nya baik, material yang nyaman. Kekurangan Boba 4G adalah tidak ada bantalan tambahan di sekitar lubang kaki, tali pinggang yang lebih sempit.

  • Ergobaby Hip Seat Carrier Cool Air Mesh

Boleh Juga
Ergobaby Hip Seat
  • Berstruktur lembut
  • Memiliki 6 posisi
  • Bahan yang empuk
  • Untuk 8 - 48 bulan

Banyak orang tua menyukai Ergobaby Hip Seat Carrier Cool Air Mesh kareba pemakaiannya sangat mudah dan praktis. Tak hanya menyebarkan berat badan bayi dengan merata ke beberapa titik di tubuh penggendong, gendongan bayi ini juga nyaman buat bayi karena adanya hipseat.

Dudukan yang lebar pada Ergobaby Hipseat membuat si kecil bisa duduk di hipseat dengan nyaman karena kakinya tidak menggantung. Adanya hipseat juga membuat mama dan papa nyaman dan tak merasa terbebani, karena beban bayi tertampung oleh dudukan tersebut.

Ergobaby Hipseat Carrier ini juga bisa digunakan untuk menggendong dalam berbagai posisi, seperti di depan, belakang dan samping (pinggul). Bagian bodi Ergobaby hip seat ini bisa dilepas hingga menyisakan hip seat saja, jika ingin lebih praktis.

Menurut review Ergobaby Hipseat, mama dan papa yang menggendong bayi sambil berjalan lama tidak mudah capek, karena beban yang tersebar merata.

Tak hanya itu, review Ergobaby Hipseat juga mengatakan saking nyamannya, mama dan papa bisa bebas melakukan aktivitas walaupun sedang menggendong bayi. Bahannya yang nyaman dan adem, dengan padding strap empuk dan ringan, membuat papa dan mama bisa erpergian tanpa harus membawa stroller.

Ergobaby Hip Seat Carrier ini bisa dipakai untuk bayi yang sudah mulai belajar duduk hingga anak berat 15 kilogram.

  • i-angel Miracle Hipseat and Baby Carrier

Bagus Juga
I-Angel Miracle Baby Carrier and Hipseat
  • Lingkar pinggang orang tua 72-112 cm
  • Untuk bayi 0-3 tahun atau 0-20 Kg
  • Material : Cotton High Grade

i-angel Miracle Hipseat and Baby Carrier bisa menampung bayi mulai dari berat 4,5 kilogram hingga 20 kiligram— sekitar satu bulan hingga tiga tahun. Gendongan bayi i-angel Miracle Hipseat dan Baby Carrier menawarkan banyak sekali fleksibilitas ketika menggendong bayi. 

Gendongan bayi yang keren ini memiliki empat konfigurasi dasar—​​gendongan bayi (bagian kaki sempit), gendongan bayi (bagian kaki lebar), gendongan hipseat, dan gendongan empuk. Masing-masingnya dapat dikenakan dalam berbagai cara, dengan opsi untuk bagian depan, belakang, dan samping. 

Bagian hip seat dari i-angel Miracle ini berbeda dari banyak baby carrier berstruktur lunak lainnya. Ini pada dasarnya adalah penyangga kursi untuk anak yang menempel pada sabuk di pinggang. 

Walaupun hipseat yang dipakai secara tunggal (dengan bodi gendongan dilepas) tidak memungkinkan penggendong melepas tangan, saat dikombinasikan dengan bodi, hipseat ini menambah dukungan ekstra untuk pinggul bayi mama dan papa.

Salah satu aturan utama dari gendongan bayi yang aman adalah si kecil harus bisa terlihat oleh mama dan papa, dan bisa dicium di kening. Kepala bayi mama dan papa harus berada di bagian atas gendongan. Hidung dan dagu tak boleh tertutup badan penggendong atau kain gendongan, untuk memastikan aliran udara yang bagus. 

Kami menemukan bahwa operator ini menawarkan dukungan yang baik untuk kepala dan leher bayi tanpa kelebihan kain yang dapat membatasi aliran udara. 

Displasia pinggul merupakan masalah lain dalam penggunaan gendongan bayi, tetapi Miracle i-angel memiliki lebar kursi yang sempit (enam inci) dan lebih lebar (15 inci) sehingga bodi gendongan bisa mengikuti ukuran bayi mama dan papa. Hal ini mencegah kaki si kecil menggantung, yang memberikan dukungan untuk pinggul dengan lebih baik.

Menurut review i-angel Miracle Hipseat, bayi-bayi masih bisa menggerakkan kepala, lengan, dan kaki mereka dengan bebas. Kain gendongan yang tahan lama dan adem, ditambah dengan panel ventilasi jala mencegah anak kegerahan, dan kainnya lembut lembut di kulit bayi.

Kekurangan i-angel Miracle Hipseat adalah petunjuk pemakaian agak kurang jelas, sehingga mama dan papa mungkin perlu Googling untuk tahu lebih banyak tentang penggunaan produk. Selain itu, review mengatakan kadang sulit untuk mengencangkan tali tanpa bantuan, dan kain gendongan bisa pudar jika cara mencucinya tidak tepat.

  • Mooimom Breathable Hipseat Carrier

Oke Juga
Mooimom Breathable Hipseat Carrier
  • Dirancang menggunakan jaring-jaring di bagian depan hipseatnya
  • Dilengkapi pula dengan teething bib
  • Terdapat waistband yang lebar dan empuk serta velcro/perekat yang kuat
  • Dilengkapi juga dengan tali bahu yang lebar dan strap yang dapat diatur

Mooimom Breathable Hipseat Carrier adalah pilihan gendongan bayi berkualitas yang harganya terjangkau. Gendongan favorit banyak orang tua ini memiliki waistband (ban pinggang) yang lebar, empuk, dan velcro atau perekat yang kuat. 

Mooimom Breathable Hipseat Carrier mampu mempertahankan postur tubuh penggendong dengan baik, sehingga mencegah pegal dan capek. Gendongan bayi hip seat ini juga dengan tali bahu lebar dan strap yang dapat diatur sesuai kebutuhan. 

Desain Mooimom membuat beban bayi dapat didistribusikan secara merata antara bahu dan pinggang, sehingga mama dan papa bisa nyaman menggendong si kecil walaupun dalam waktu cukup lama.

Hip seat berupa dudukan berbantalan membuat bayi lebih nyaman, dan mereka bisa duduk lebih santai dalam gendongan. Gendongan ini mampu menahan berat beban bayi hingga 20 kilogram, dan dilengkapi teething bib untuk bayi yang mulai tumbuh gigi.

Dengan harga 500 ribuan, gendongan bayi Mooimom Breathable Hipseat Carrier bisa jadi pilihan ideal untuk gendongan bayi mama dan papa.

  • Nana Baby Carrier SSC (Soft Structured Carrier)

Pilihan Lainnya
Nana Baby Carrier SSC
  • Bahan 100% cotton solid kombinasi katun motif
  • Dapat digunakan untuk menggendong depan (hadap ibu) gendong samping dan belakang,
  • Body panel lebar 37cm, tinggi 37cm

Nana Baby Carrier ini adalah gendongan bayi produksi dalam negeri yang jadi favorit banyak orang tua. Seperti banyak gendongan bayi keluaran lokal, Nana memang harganya cukup terjangkau namun kualitasnya bisa diandalkan.

Bahkan, Nana Baby Carrier dibanderol dengan harga yang lebih rendah dari SSC local lain buatan Indonesia, seperti CuddleMe Neo Carrier, Andrea, Bobita, atau Dialogue. Karena itulah, banyak mama dan papa tertarik menjadikan SSC Nana andalan untuk mengajak si kecil jalan kesana kemari. 

Menurut review, Nana SSC ini bisa dibilang gendongan yang ergonomis dan anti pegal walau dipakai menggendong buah hati tercinta cukup lama. Gendongan bayi Nana dilengkapi dengan PFA (Perfect Fit Adjuster) pada bagian bahu, karenanya memudahkan dalam pengaturan gendongan agar sesuai dengan postur badan penggendong. 

Masih menurut review, Nana SSC ini memiliki kelebihan pada bagian bahu yang cukup slim, sehingga sesuai dengan orang Indonesia yang berperawakan kecil. Ketika dipakai, SSC Nana tidak membuat mama dan papa yang bertubuh kecil terlihat ‘tenggelam’. 

Untuk kenyamanan penggendong, Nana dilengkapi bantalan pinggan yang cukup lebar, sehingga berguna untuk mengurangi pegal saat menggendong. Semakin besar bantalan pinggang, maka berat badan bayi akan terdistribusi lebih merata.

Pada bagian atas shoulder pad, terdapat snap (berupa dua kancing) yang digunakan untuk menahan hoodie yang bisa diatur tingginya. Hoodie pada Nana ini lumayan lebar dan mampu menutup kepala bayi secara sempurna. Hal ini sangat bermanfaat apalagi ketika kondisi sedang panas terik. 

Tak hanya itu, hoodie yang lebar juga bisa melindungi bayi dari terkena angin secara langsung, terutama ketika berkendara dengan sepeda motor atau ketika cuaca sedang berangin. Keuntungan lain dari hoodie yang lebar adalah mama bisa menyusui bayi dengan nyaman, karena hoodie bisa difungsikan sebagai nursing cover.

Kelebihan lain Nana SSC adalah tersedianya banyak motif dan warna menarik yang bisa dipilih. Bahkan ada yang motifnya Indonesia banget, seperti tenun, batik atau etnik. Dengan harga Nana Baby Carrier yang murah, mama dan papa bisa koleksi lebih dari satu gendongan untuk ganti-ganti. Seru kan?

Salah satu kekurangan gendongan bayi Nana adalah tekstur kain kanvas yang jadi bahannya tidak terlalu lembut. Serat kainnya cukup besar-besar, dan untuk mengakalinya mama dan papa bisa melapisinya dengan drool pad pada bagian yang menghadap wajah bayi.

Nana Baby Carrier SSC tersedia dalam dua jenis, untuk bayi kecil dan untuk toddler atau balita. Jika membeli Nana, mama dan papa akan mendapatkan tote bag untuk menyimpan gendongan.

  • BabyBjörn Baby Carrier One

Alternatif
BabyBjörn Baby Carrier One
  • Posisi kaki ergonomis
  • Shoulder strap dengan bantalan extra
  • Stabilitas yang baik pada bagian ikat pinggang

Gendongan bayi premium BabyBjörn Baby Carrier One juga banyak disukai mama dan papa. Gendongan bayi ini sangat tepat bagi mama dan papa yang menginginkan gendongan ergonomis yang solid untuk bayi dan pemakainya, ditambah kenyamanan yang akan bertahan lama.

Mulai dari desain hingga kainnya, BabyBjörn Baby Carrier One membuat orang tua dan bayi selalu merasakan gendongan yang kokoh, kenyamanan, dan keamanan.

Berkat desainnya yang ramping, konstruksi yang cerdas dan kemudahan penggunaan, BabyBjörn Carrier One cocok untuk semua kriteria ini dan dengan mudah mendapatkan segel Today’s Parent Approved. 

Gendongan bayi dapat digunakan untuk bayi dengan berat 3,5 kilogram atau lebih (dengan insert bawaan untuk newborn) dan dapat menahan berat anak hingga 15 kilogram. 

Gendongan BabyBjorn ini bisa digunakan dalam tiga posisi, yakni menghadap ke dalam ke depan, menghadap ke depan ke luar, dan menggendong di belakang. 

Jika si kecil belum bisa mengangkat kepala atau membutuhkan dukungan tambahan saat tidur, gendongan ini menawarkan dukungan leher yang sangat baik, dan memiliki dukungan kepala yang fleksibel dan mudah disesuaikan (juga sangat mudah untuk dilipat ketika tidak digunakan). 

Untuk kemudahan penggunaan, ada beberapa ritsleting di dalam gendongan yang membantu memastikan kecocokan yang baik untuk bayi mama dan papa. Penggendong dapat menyesuaikan ketinggian dudukan, tergantung pada seberapa tinggi tubuh si kecil, dan juga dapat memilih antara posisi kaki normal atau kaki yang melebar untuk kenyamanan maksimal.

Gendongan dirancang agar bayi bisa duduk dalam posisi katak alami. (Ini berarti pinggulnya dalam posisi alami, sementara kaki dan pahanya ditopang dan lututnya sedikit ditekuk.) Baby 

Memastikan bayi mama dan papa nyaman adalah komponen kunci dari menggendong bayi bebas pegal. BabyBjörn Baby Carrier One carrier mampu kenyamanan bagi bayi. 

Semua gesper ditutupi dengan kain sehingga tidak ada plastik keras yang menyakiti mereka. Bagian dalam gendongan juga lembut saat disentuh. Tak hanya itu, gendongan BabyBjorn ini juga terbuat dari bahan mesh yang breathable dan katun sehingga si kecil tidak akan kepanasan.

Menurut review  BabyBjörn Baby Carrier One, gendongan ini membuat bayi tampak nyaman, tertopang dengan baik, dan dapat dengan bebas menggerakkan kaki, lengan, dan kepala. Lebih kerennya lagi, Baby Carrier One sudah mendapatkan pengakuan dari International Hip Dysplasia Institute sebagai gendongan bayi yang aman bagi bayi maupun penggendongnya.

Kekurangan dari BabyBjörn Baby Carrier One adalah beberapa instruksi yang melengkapi gendongan bayi ini agak sulit dipahami.

Nah itu dia beberapa gendongan bayi tipe babywearing yang banyak disukai orang tua menurut review. Semoga artikel ini bisa membantu mama dan papa memilih gendongan terbaik untuk si kecil!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *