Ergobaby 360 Original Baby Carrier

8 Gendongan Bayi Terbaik yang Praktis dan Bebas Pegal

Memilih gendongan bayi alias baby carrier yang tepat adalah urusan yang sulit, karena kita perlu mempertimbangkan penggunaan, kebiasaan kita sebagai orang tua, juga yang paling penting adalah usia bayi.

Bayi yang baru lahir akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan bayi yang lebih tua. Bayi yang baru lahir biasanya ingin meringkuk dengan kepala berada di dada orang tuanya, sedangkan bayi yang lebih tua ingin meregangkan kaki mereka dan melihat dunia.

Menurut banyak orang tua, saat ini gendongan bayi merupakan perlengkapan bayi yang sangat penting. Dengan tingginya mobilitas kita sebagai orang tua, gendongan bayi memungkinkan kita membawa anak bepergian dengan nyaman, bahkan jika anak kita adalah bayi yang baru lahir.

Lalu bagaimana dengan stroller? Menurut beberapa orang tua. kereta bayi kurang cocok untuk anak yang baru lahir sampai usia sekitar enam bulan, kecuali kita menambahkan lapisan khusus infant pada kereta bayi tersebut. Karenanya, gendongan bayi kini menjadi alternatif yang lebih praktis dibandingkan stroller.

Lalu gendongan bayi seperti apa yang harus dibeli? Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi baby carrier alias gendongan modern yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan dalam memilih gendongan bayi yang sesuai dengan kebuthan.

 

Bawa si kecil travelling dengan praktis dan nyaman dengan gendongan bayi

  • Ergobaby 360 Original Baby Carrie

Pilihan Kami
Ergobaby 360 All-Position Baby Carrier
  • Memiliki 4 posisi gendong
  • Terbuat dari material berkualitas, adem & kuat
  • Kap yang dapat disesuaikan
  • Ideal untuk dibawa ketika bepergian

Gendongan bayi Ergobaby 360 ini merupakan baby carrier yang serba guna, bisa digunakan menjadi gendongan bayi depan dan bisa juga belakang. Berdasarkan ulasan pengguna, Ergobaby 360 ini cukup nyaman untuk dibawa apabila dibandingkan beberapa kompetitornya.

Ergobaby 360 ini lebih mudah untuk kamu yang masih menyusui si kecil.  Selain itu, sangat mudah untuk memakai, melepas, dan menyesuaikan, bahkan ketika sedang membawa si kecil. Gendongan ini juga memiliki tudung untuk menjaga si kecil dari sinar matahari langsung dan hal lainnya, dan juga bisa dijadikan naungan apabila si kecil sedang tidur siang.

Namun, untuk menyesuaikan tali punggung saat menggendong bayi harus dilakukan oleh orang lain. Selain itu, dibutuhkan insert untuk membawa bayi kecil yang harus kamu beli secara terpisah. Gendongan bayi ini juga tidak memiliki tempat yang bisa disesuaikan untuk sandaran paha bayi ataupun balita balita.

  • Ergobaby Hip Seat

Bagus Juga
Ergobaby Hip Seat
  • Berstruktur lembut
  • Memiliki 6 posisi
  • Bahan yang empuk
  • Untuk 8 - 48 bulan

Ergobaby Hip Seat ini merupakan Gendongan Bayi dengan 3D Mesh yang bernapas, sehingga bayi tetap dingin ketika digendong menggunakan gendongan ini. Berkat bantalan joknya yang lebar, bayi kamu juga bisa duduk dengan nyaman dengan pinggul yang tertahan dengan baik. Fitur ini juga memberikan kemudahan untuk bayi Kamu untuk naik, ataupun turun secara instan.

Panel belakang yang bisa bernafas bisa dengan mudah dipasang, sehingga Kamu tidak perlu memegang anak untuk memberikan aliran udara yang banyak untuk menjaga bayi tetap merasa dingin. Ergobaby ini memiliki enam posisi, dan bisa dipakai untuk anak sampai dengan berat 20 kilogram.

Namun, sayangnya Ergobaby ini tidak memiliki kantung penyimpanan, namun hal ini membuat gendongan bayi ini tetap ramping.

  • Boba Carrier 4G

Ini Juga Oke
Boba Carrier 4G
  • Dapat digunakan newborn (min 3 kg) s/d balita (mak 20 kg)
  • Dilengkapi dengan foot strap, infant insert, hood, purse strap, adjustable

Gendongan bayi Boba 4G ini menurut penuturan orang yang sudah menggunakannya merupakan gendongan yang nyaman, stylish, tahan lama, dengan kualitas yang baik dan dapat diandalkan. Bagian pinggang yang tebal dapat menopang berat bayi, sehingga bahu kamu tidak terlalu sakit karena berat didistribusikan merata ke seluruh tubuh.

Ikat pinggang Boba Carrier memiliki dua titik penyesuaian, yang membantu meratakan genggaman di sekitar pinggang. Juga terdapat penyesuaian untuk tali bahu yang berada tepat di bawah ketiak, yang membantu Kamu menyesuaikan ukuran bahkan ketika bayi berada di gendongan.

Beberapa keuntungan dari Boba Carrier 4G, yaitu antara lain memiliki saku ritsleting kecil di sepanjang pinggang, yang berguna untuk kamu memasukkan barang-barang kecil seperti telepon genggang, dompet, kunci dan benda-benda kecil lainnya. Gendongan bayi Ini juga memiliki tali penyangga kaki (sanggurdi) untuk mendukung kaki agar tidak lelah karena menggantung.

Adapun kelemahannya antara lain, ketika belum terbiasa, kamu mungkin akan sedikit kesulitan ketika memasukkan bayi ke dalamnya. Pasalnya, untuk memasukkan bayi dalam gendongan, kamu harus lewat bagian atas karena produk ini sudah built-in sehingga tidak bisa dilepas bagian-bagiannya.

Selain itu, gendongan bayi ini juga tidak mendukung posisi bayi yang menghadap ke luar, hal ini membuatnya kurang fleksibel dibandingkan kompetitornya.

  • Pognae No 5 Organic Baby Hipseat Carrier

Boleh Juga
Pognae No 5 Organic Baby Hipseat Carrier
  • Newborn Support
  • 100% Organic Inner
  • 3 Steps Leg Widths Control
  • Woojin Plastic Waist Buckle

Gendongan bayi dari Pognae ini sangat populer di Australia dan Eropa, dan mereka telah menerima banyak penghargaan untuk model, keserbagunaan, dan kualitas secara keseluruhan.

Gendongan ini bisa digunakan oleh bayi mulai dari tiga bulan sampai dengan tiga tahun, dan berat sampai 20 kilogram. Selain itu bisa juga digunakan sebagai kursi umpuk saja untuk si kecil duduk, kamu harus memegang si kecil dalam posisi ini karena tidak ada bagian dari gendongan yang dapat menjaga bayi tetap di tempatnya.

Di antara Kekurangan dari gendongan ini adalah, produk ini tidak ideal untuk anak yang baru lahir. Velcro akan penuh serat dan bulu halus, dan lebih lemah pegangannya setelah pemakaian beberapa lama. Selain itu suara yang dikeluarkan velcro itu sangat keras, yang mungkin membangunkan bayi yang sedang tidur.

Gendongan ini juga benar-benar besar dan tebal, jadi gendongan bayi ini bukan jenis gendongan yang bisa Kamu simpan ke salah satu tas popok terbaik yang kamu miliki pada saat tidak digunakan. Akhirnya, yang perlu kamu perhatikan adalah, harganya yang cukup tinggi namun sesuai dengan gendongan sekelasnya.

  • Cocolatte Hipseat

Termurah
Cocolatte Hipseat
  • Untuk anak usia 6 - 36 bulan (berat maks 15 Kg)
  • Memiliki  penyangga tubuh, zipper untuk penyambung hip seat
  • Dimensi : 18 cm x 24 cm x 29 cm

Gendongan bayi Cocolatte Hipseat memiliki dimensi yang kecil dan mudah untuk digunakan, tanpa perlu bantuan orang lain. Hal ini akan sangat berguna pada saat anak sedang tidur di gendongan, cukup lepaskan sabuk samping untuk membuka bagian depan gendongan tanpa perlu membangunkan di kecil.

Dengan baby carrier ini, kamu hanya perlu mengikatkan beberapa gesper untuk menggendong si kecil dengan aman dan nyaman. Gesper juga dilengkapi dengan kode warna dan bunyi klik pada bagian pengamanya sebagai indikator keamanan, hal ini akan memberikan memudahkan Kamu mengetahui apakah bayi sudah terkunci dengan benar.

Kelebihan lainnya, gendongan bayi ini juga dapat dengan mudah disesuaikan agar bisa pas dengan postur orang tuanya, sangat cocok untuk kamu dan pasangan ingin berbagi beban. Selain itu, merek Cocolatte juga merupakan merek perlengkapan bayi berkualitas dengan harga terjangkau.

Sayangnya, gendongan bayi ini hanya cocok untuk anak usia 5 bulan ke atas dengan barat maksimal 11 kilogram, sehingga tidak cocok untuk kamu yang baru memiliki anak baru lahir.

  • Baby Bjorn One Air

Pilihan Lainnya
Baby Bjorn One Air
  • From newborn to 3 years (Min. 3.5 kg, Max. 15 kg)
  • Main fabric: 100% polyester

Salah satu hal yang mungkin kamu temukan dengan banyak gendongan bayi adalah, bahannya yang tebal yang akan menjadi panas dan mengganggu Kamu dan si kecil. Terutama jika Kamu memakainya untuk jangka waktu yang cukup lama. Untungnya, gendongan Baby Bjorn One Air ini terbuat dari bahan jaring yang sejuk dan ringan, sehingga akan memberikan efek dingin pada saat digunakan.

Menurut review, gendongan bayi ini bisa digunakan dengan empat posisi berbeda, dapat digunakan sebagai gendongan bayi depan, ataupun belakang. Juga tersedia dua tingkat ketinggian yang berbeda. Kain utama gendongan ini adalah jaring yang sejuk dan lapang, yang berarti dapat bernapas. Ikat pinggangnya yang lebar menambah kenyamanan, dan dukungan untuk Kamu saat mengenakan gendongan ini.

Baby Bjorn One Air ini bisa digunakan untuk membawa bayi yang baru lahir, karena terdapat bantalan built-in agar pas untuk bayi kamu, dengan catatan beratnya minimal 3,8 kilogram. Berkat bentuknya yang ergonomis, International Hip Dysplasia Institute telah menobatkan Baby Bjorn Carrier One Air sehat untuk perkembangan pinggul si kecil.

Sayangnya, gendongan ini secara keseluruhan tampak agak besar. Selain itu, Kamu mungkin akan kesulitan menemukan tempat untuk meletakkan ponsel, kunci, dompet, atau aksesori si kecil.

  • I-Angel Miracle Baby Carrier and Hipseat

Alternatif
I-Angel Miracle Baby Carrier and Hipseat
  • Lingkar pinggang orang tua 72-112 cm
  • Untuk bayi 0-3 tahun atau 0-20 Kg
  • Material : Cotton High Grade

Untuk kamu yang dengan mencari gendongan bayi sekaligus hipseat dengan banyak pilihan mode yang bisa dipilih, kamu akan menyukai I-Angel Miracle. Gendongan yang chic ini, memiliki empat konfigurasi dasar yaitu, bisa dibuat sebagai gendongan bayi (kaki sempit), gendongan bayi (kaki lebar), gendongan hipseat, dan gendongan empuk. Masing-masing konfigurasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai cara, mulai dari menghadap depan, menghadap belakang, dan jinjing samping sebagai hipseat dengan atau tanpa gendongan.

Hipseat pada I-Angel Miracle Baby Carrier adalah yang membedakan baby carrier ini dengan banyak gendongan bayi yang berstruktur lunak lainnya. Pada dasarnya, gendongan bayi ini adalah penyangga kursi untuk anak Kamu yang menempel pada pinggang orang tuanya. Walaupun hipseat tidak bebas genggam dengan sendirinya, namun saat dikombinasikan dengan gendongan akan menambah dukungan ekstra untuk pinggul bayi kamu.

Adapun kekurangan dari gendongan bayi I-Angel Miracle Baby Carrier ini adalah, beberapa orang tua mengaku kesulitan untuk mengencangkan tali tanpa bantuan orang lain.

  • Soohu Sling Classic

Alternatif Lainnya
Soohu Sling Classic
  • Dirancang untuk membawa bayi dan balita (0-24 bulan/ 3.6-15.9 kg/ 8-35 lbs)
  • 100% Katun handmade
  • Dapat dicuci dengan mesin cuci

Soohu Sling adalah gendongan bayi inovatif yang ideal untuk bayi baru lahir hingga 24 bulan, dan beratnya dari empat hingga 16 kilogram. Gendongan bermodel hammock ini memiliki lima posisi cara membawa yang berbeda, termasuk dua posisi untuk menyusui secara rahasia. Setiap posisi gendong dirancang dengan sempurna untuk menopang tulang belakang bayi, sambil mendistribusikan berat badan bayi secara merata ke bahu, sehingga Kamu bisa terhindar dari ketegangan yang tidak perlu.

Kelebihan lainnya adalah, gendongan ini sangat ringan, dan tahan lama serta dapat dicuci dengan mesin.

Namun demikian, ketika pertama kali menggunakan Soohu Sling, orang tua mungkin akan sedikir kesulitan. Pengguna merekomendasikan, ketika mencobanya untuk pertama kali, sebaiknya ada orang lain untuk membantu. Namun jika sudah terbiasa, penggunaannya sebetulnya tak sesulit itu.

Baby carrier ini sempurna untuk berjalan kaki singkat, dan setiap posisi terasa alami, nyaman, dan santai saat digendong. Tapi kamu tidak perlu khawatir, gendongan ini bisa dikenakan di kedua bahu, sehingga bisa dengan mudah ditukar.

Namun karena menggunakan gaya selempang, akan ada tekanan lebih pada satu bahu sehingga akan kurang nyaman untuk perjalanan dalam waktu lama. Namun bantalan bahu empuk dan memiliki desain terpisah, akan membantu untuk menyebarkan berat. Karena itulah, gendongan bayi Soohu Sling ini direkomendasikan untuk bayi yang masih kecil.

Itulah beberapa pilihan merek dan tipe gendongan bayi alias baby carrier yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga artikel ini bisa membantumu memilih produk yang tepat ya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *